Sukses

Pesan Jokowi di Acara PDIP Puncak Bulan Bung Karno 2023: Selamat Berjuang untuk Menang di Pemilu 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi titip pesan untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 saat hadir di puncak peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi titip pesan untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 saat hadir di puncak peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Menurut Jokowi, ribuan kader dan relawan pendukung PDIP itu menjadi faktor penentu di Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang.

"Terakhir ini untuk 2024. Di sini hadir calon presiden dari PDIP Perjuangan Bapak Ganjar Pranowo, saya ulangi, tadi telah kita dengarkan calon presiden dari PDIP Perjuangan Bapak Ganjar Pranowo," kata Jokowi di acara Puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

"Saya titip untuk semuanya bagi peserta pemilu baik itu pileg, pilgub, pilbup, pemilihan wali kota dan pilpres karena yang hadir disini sangat menentukan," sambung dia.

Jokowi pun menyemangati para kader dan pendukung PDIP yang hadir di puncak peringatan Bulan Bung Karno agar semangat berjuang untuk meraih kemenangan.

"Saya hanya ingin menyampaikan selamat berjuang, semangat berjuang untuk menang, untuk menang, untuk menang," ucap dia.

Lebih lanjut, dia meminta para pemuda untuk mewarisi semangat perjuangan Bung Karno untuk membangun Indonesia yang lebih maju di masa depan.

"Pesan saya kepada para pemuda dan penerus masa depan bangsa ingat kata Bung Karno warisi apinya jangan abunya, warisi semangatnya yang menyala-nyala, semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan dan semangat untuk mengisi kemerdekaan dan semangat untuk membangun Indonesia maju," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dalam rangka menghadiri puncak perayaan Bulan Bung Karno 2023. Kedatangannya langsung disambut oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Sabtu (24/6/2023), Jokowi melangkah bersama Megawati memasuki Stadion Utama GBK dan langsung disambut 7 ribu pasukan Satgas Cakra Buana PDIP yang ada di lapangan, dengan 2 ribu di antaranya bertugas menjaga keamanan di luar dan dalam stadion.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Para Tokoh yang Hadir

Saat tiba di dalam stadion dan sudah berbaris rapi, komandan Satgas Cakra Buana kemudian menyampaikan salam Pancasila, yang kemudian dijawab dengan lantang dan kompak "Salam Pancasila, merdeka, merdeka, merdeka!"

Rombongan yang tampak hadir mendampingi Jokowi dan Megawati antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, putra Megawati yakni M Prananda Prabowo, Ketum PPP Muhamad Mardiono, Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Kemudian calon presiden Ganjar Pranowo, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Waketum PKB Jazilul Fawaid.

Tidak ketinggalan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretariat Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono.

Selanjutnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono.

Terlihat pula kehadiran Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, Ketua Lemhanas Andy Widjajanto, Kepala BPOM Penny Lukito, serta Watimpres Sidarto Danusubroto.

 

3 dari 4 halaman

Sebanyak 7.000 Satgas Cakra Buana PDIP Pertunjukan Kedisiplinan di Puncak Bulan Bung Karno 2023

Derap langkah 7.000 anggota Satuan Tugas (Satgas) Cakra Buana PDI Perjuangan (PDIP) menghentak Gelora Bung Karno (GBK) saat tampil memeriahkan puncak peringatan Bulan Bung Karno pada Sabtu (24/6/2023).

Para anggota Satgas Cakra Buana ini berlari dalam barisan yang rapi dan langkah yang kokoh saat memasuki Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sebelum acara resmi dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof. Dr(HC) Megawati Soekarnoputri.

Dari 7.000 pasukan Satgas Cakra Buana PDIP itu, dibagi menjadi dua masing-masing pasukan inti sebanyak 5000 orang tampil di tengah lapangan. Sedangkan 2.000 pasukan sisanya bertugas menjaga keamanan di luar dan di dalam stadion.

Dengan drap langkah yang kokoh, 5.000 rombongan di kelompok pertama membawa bendera berkelir merah PDI Perjuangan, disusul dengan barisan kedua membawa bendera sangsaka merah putih, dan kemudian berbaris di posisi tengah.

Setelah Satgas pembawa bendera masuk, kemudian disusul pasukan cepat lainnya yang mengenakan baret merah dan topi caping merah berlari memasuki lapangan stadion.

Seluruh anggota Satgas Cakra Buana ini mengenakan pakaian hitam dan baret serta topi caping warna merah. Semua tegap berbaris rapi.

Gerakan penuh disiplin ini pun memasuki stadion dalam satu komando Satgas Cakra Buana ini sejalan dengan visi dari Satgas Cakra Buana sebagai tulang, otot, dan mata PDI Perjuangan.

Saat tiba di dalam stadion dan sudah berbaris rapi, komandan Satgas Cakra Buana kemudian menyampaikan salam Pancasila, yang kemudian dijawab dengan lantas dan kompak "Salam Pancasila, merdeka, merdeka, merdeka!"

 

4 dari 4 halaman

Kesiapan Pasukan Satgas Cakra Buana

Setelah itu, komandan memastikan kesiapan seluruh pasukan Satgas Cakra Buana dengan menanyakan "Cakra Buana Apa Tugasmu?"

Pertanyaan itu lantas dijawab dengan sangat kompak dan bersemangat oleh selurih anggota Satgas: "Bela Negara, Bela Negara, Bela Negara!"

Selamat Pagi? Kemudian dijawab: "Pagi, pagi, pagi! Luar biasa"

Komandan Satgas pun memanggil dengan yel yel keras "Yoo Yoo Yoo" yang kemudian diikuti seluruh anggota satgas sambil menghentakkan kaki dengan keras ke matras yang menjadi alas lapangan stadion GBK.

Suasana lebih mengharukan terlihat saat komandan bertanya para pasukan.

"Satgas Cakra Buana, adakah PDI Perjuangan Dihatimu?" Para pasukan pun menjawab "ada, ada, ada" sambil menepuk dada dengan dua tangannya.

Sejurus kemudian, komandan satgas bertanya lagi: "Adakah semangat Bung Karno di Dadaku?"Lalu dijawab: "ada, ada ada."

"Mana Dia? tanya komandan. "Ini dia, Ini dia," ucap pasukan sambil menepukkan dada yang mengeluarkan suara hentakan yang kuat.

Komandan lantas kembali bertanya, Cakra Buana Apa Tugasmu? Dijawab Bela Negara. Cakra Buana Bangkitlah, PDI Perjuangan Bangkitlah. merdeka-merdeka, Merdeka, Pancasila!

Satgas tersebut semakin bersemangat ketika Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, bersama Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin masuk ke dalam stadion GBK untuk mengikuti acara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.