Sukses

Festival Peh Cun di Tangerang, Ramai-Ramai Berdirikan Telur di Bawah Terik Matahari

Festival Peh Cun 2023 di Kota Tangerang diramaikan dengan kegiatan menegakkan atau memberdirikan telur ayam mentah. Bukan di meja, tapi di pinggir jalan dan trotoar.

Liputan6.com, Jakarta - Festival Peh Cun 2023 di Kota Tangerang diramaikan dengan kegiatan menegakkan atau memberdirikan telur ayam mentah. Bukan di meja, tapi di pinggir jalan dan trotoar, seperti di Kali Pasir, Kecamatan Tangerang.

Ratusan warga Kali Pasir dan pendatang dari luar Tangerang, berlomba-lomba ikut serta dalam kegiatan tersebut. Salah satunya Indah (34), warga asal Jakarta Barat. Indah sengaja datang ke kawasan Kelenteng Boen Tek Bio Tangerang, hanya untuk mengikuti Festival Peh Cun.

"Ini saya tahu ada Peh Cun, disebut Bacang Day's. Tapi menariknya, saya mau ikutan menegakkan atau berdirikan telur ayam ini," tutur Indah, Kamis (22/6/2023).

Dia dan ratusan warga lainnya mengaku tertarik untuk melakukannya. Sebab, warga percaya, pada hari ini di jam 11.00 sampai 13.00 WIB, matahari bersinar paling terang dan mempengaruhi gravitasi bumi.

Sehingga, warga yang mencobanya langsung berhasil mendirikan telur tersebut. Memang pada saat kegiatan berlangsung, matahari di Tangerang bersinar sangat terik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panitia Festival Peh Cun Sediakan 3.000 Butir Telur

Mulyo selaku Ketua Penyelenggara Peh Cun Tangerang 2023 mengatakan, panitia menyediakan 3.000 butir telur untuk kegiatan tersebut.

"Ada 3.000 butir telur ayam yang disediakan. Jadi warga siapapum bisa ikutan," ujar dia.

Sebelum kegiatan tersebut berlangsung, para pemuka agama di Kelenteng Boen Tek Bio, memimpin upacara ibadah di dermaga Peh Cun. Lalu dimulai ritual pertama, yakni melempar Bacang dan Bebek hidup ke Sungai Cisadane.

Sejumlah pejabat seperti Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Wali Kota Sachrudin, ikut serta dalam kegiatan tersebut.

.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.