Sukses

Kaesang Pangarep Siap Maju Depok Pertama, PDIP: Jika Tertarik Kita Ikutkan Pendidikan dan Kaderisasi

Hasto Kristiyanto mengatakan partainya menerapkan mekanisme kaderisasi bagi siapa pun yang ingin maju menjadi calon kepala daerah, termasuk Kaesang Pangarep.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya menerapkan mekanisme kaderisasi bagi siapa pun yang ingin maju menjadi calon kepala daerah. Hal ini dikatakan Hasto ketika ditanya soal kesiapan Kaesang Pangarep maju menjadi calon Wali Kota Depok.

“Jadi melalui sekolah partai, Bu Risma menjadi pengajar sekolah partai, Pak Pramono Anung menjadi pengajar sekolah partai, Pak Anas Menteri PAN-RB, jadi semua dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” kata Hasto kepada awak media di Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Hasto memastikan, skala prioritas PDIP saat ini adalah memenangkan Pileg dan Pilpres, kemudian pada November baru memikirkan soal pilkada.

“Sekiranya Mas Kaesang tertarik ya akan kita ikutkan dalam suatu proses pendidikan dan kaderisasi untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin,” Hasto memungkasi.

Puan Maharani Akan Tanya Kaesang soal Masuk ke PDIP

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku ingin memastikan dahulu apakah Kaesang benar mau menjadi kader dari PSI atau justru mengikuti jejak ayah, kakak dan iparnya sebagai bagian dari PDIP.

"Nanti saya tanya Kaesang. Mau masuk PDIP tidak? itu dulu," kata Puan Maharani di Kantor DPP PDIP Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Puan pun mempersilakan, jika Kaesang tidak ingin mengikuti jejak keluarganya. Menurut dia, aturan PDIP membolehkan satu keluarga beda partai asal wilayahnya berbeda.

"Kecuali kalau mau jadi caleg atau kepala daerah kemudian berbeda partai, itu yang tidak diperbolehkan. Tapi ini kan satu partai dan punya posisi yang berbeda," tutur Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baliho Kaesang Pangarep di Depok

Diketahui, kedekatan Kaesang dengan PSI diawali dengan dorongan untuk maju sebagai calon wali kota (walkot) Depok dan hadirnya baliho raksasa bergambar Kaesang dengan tagline calon wali kota Depok berlogo PSI.

Diberitakan sebelumnya, putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep buka suara terkait Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Depok yang memasang baliho bergambar wajah dirinya.

Kaesang mengaku telah mengetahuinya. Bahkan bos dari Sang Pisang itu mengatakan foto yang dipakai untuk membuat baliho tersebut merupakan foto miliknya yang dikirim ke PSI.

"Ya (PSI) mendukung. Fotonya juga dari saya. Kemarin saya sudah suplai foto-foto saya. Saya sudah foto, saya kasih semua," kata Kaesang dengan gaya khasnya saat ditemui di Solo Paragon Mall, Minggu 4 Juni 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini