Sukses

Megawati Hadiri Serah Terima dan Pengukuhan Komandan KRI Bung Karno-369 di Dermaga Kolinlam

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara serah terima pengoperasian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara serah terima pengoperasian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Putri Presiden Pertama RI Soekarno tersebut, juga menyaksikan pengukuhan komando pengoperasian kapal korvet buatan anak bangsa itu.

Pada kesempatan ini, Megawati didampingi dua anaknya, yaitu Rizki Pratama dan Puan Maharani. Selain itu, hadir pula anak-anak Bung Karno, seperti Guntur Soekarnoputra, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Adapun Kapal Korvet Bung Karno-369 diharapkan dapat memperkuat armada TNI AL. Kapal ini, bakal dioperasikan dalam mendukung pelaksanaan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tak hanya itu, Kapal Korvet baru ini juga akan menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-633 yang sudah beroperasi selama 27 tahun. Dibangun oleh produsen pertahanan dalam negeri PT Karimun Anugrah Sejati di Batam, KRI ini memiliki panjang 73 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 5 meter.

Kemudian, Korvet Bung Karno ini memiliki berat 650 ton dengan anak buah kapal sebanyak 55 orang personel dengan kecepatan jelajah 22 knot serta kecepatan maksimal 24 knot. Kapal ini, juga dipersenjatai dengan satu Meriam Leonardo 40 mm, dua senapan mesin berat 20 mm, dan dua peluncur rudal permukaan ke udara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelengkapan KRI Bung Karno

KRI Bung Karno ini juga dilengkapi dengan terpedo dan sonar, serta dirancang mampu membawa helikopter Panther dan memiliki helidek yang mirip dengan korvet kelas Bung Tomo.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini juga digelar upacara pengukuhan Komandan KRI Bung Karno-369 oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Letkol Laut (P) Krido Satrio Utomo menjadi Komandan Pertama KRI Bung Karno-369 yang dikukuhkan Yudo.

Dari jajaran TNI, nampak pula Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muhammad Ali. Selain itu, juga hadir secara langsung Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.