Sukses

Sambut Hari Lahir Pancasila, Kepala BPIP Ajak Seluruh Masyarakat Ikut Upacara Bendera

Kepala BPIP mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan dan mengikuti Upacara Bendera di daerahnya masing-masing sebagai bentuk dari rasa nasionalisme.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menyambut Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan dan mengikuti Upacara Bendera di daerahnya masing-masing sebagai bentuk dari rasa nasionalisme.

"Pelaksanaan Peringatan Upacara Hari Lahir Pancasila bisa dilaksanakan secara langsung yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah maupun secara daring melalui Televisi Nasional dan kanal media sosial BPIP RI," ucapnya saat mengikuti gladi bersih dan meninjau lokasi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (31/5/2023).

Yudian juga menyebut bahwa upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

"Dalam Kepres ditegaskan 1 Juni merupakan libur nasional dan pemerintah dan seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila", sebutnya.

"Seluruh pedoman upacara memperingati Hari Lahir Pancasila juga ditegaskan dalam Surat Edaran BPIP tentang Hari Lahir Pancasila tahun 2023 dan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2023," tambah Yudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dihadiri Lebih dari 4 Ribu Undangan

Wakil Kepala BPIP, Dr. Drs. Karjono Atmoharsono, S.H., M.Hum menyebut bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang dipusatkan di Jakarta akan dihadiri oleh kurang lebih 4 ribu tamu undangan.

"Upacara juga akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara dan Dewan Pengarah BPIP Prof. Dr. (HC.) Hj. Megawati Soekarnoputri beserta jajarannya," sebutnya.

"Tema Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" dan tagline "Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia"," imbuh Karjono.

Ia berharap agar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila diikuti oleh seluruh komponen masyarakat di dalam negeri dan dapat diikuti oleh seluruh kantor, lembaga, serta masyarakat Indonesia di luar negeri.

3 dari 3 halaman

Persiapan Sudah Matang

Sekretaris Utama BPIP sekaligus ketua pelaksana Hari Lahir Pancasila 2023, Dr. Adhianti, S.I.P., M.Si memastikan bahwa persiapan seluruh pendukung sudah matang termasuk pasukan upacara.

"Jumlah personel Upacara Harlah Pancasila 1 Juni 2023 dipersiapkan sebanyak 867 orang dan cadangan 72 orang dari berbagai unsur Paskibraka, TNI, Polri, PNS, Pelajar, Satsik dan Perangkat Upacara," ucapnya.

"Berdasarkan Surat Edaran, pakaian yang akan digunakan dalam Upacara Peringatan Harlah Pancasila yakni Pria dan Wanita menggunakan Pakaian Adat, TNI, Polri menggunakan Pakaian Dinas Upacara," jelas Adhianti.

Selain itu, Adhianti juga memaparkan, sebagai upaya antisipasi terjadi hujan, pelaksanaan upacara akan dilaksanakan di dalam Monas (cawan) dengan kapasitas personel upcara terbatas.

"Nanti jika terjadi hujan dan antispasi lainnya, maka upacara akan dilaksanakan di cawan momas tanpa tamu undangan," paparnya.

"Pelaksanaan Upacara akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB untuk pemerintah pusat, daerah yang berada di bagian wilayah Barat, kecuali DKI Jakarta. Sedangkan pukul 08.00 WTA untuk Pemerintah Daerah di Wilahah Tengah dan pukul 09.00 WIT untuk pemerintah daerah wilayah Timur," jelas Adhianti.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.