Sukses

Cerita Risma Saat Kantor Kemensos Digeledah KPK soal Kasus Dugaan Korupsi Bansos

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, penggeledahan itu dilakukan oleh lembaga antirasuah saat dirinya sedang melaksanakan rapat dengan jajarannya.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di kantor Kementerian Sosial (Kemensos) pada Selasa 23 Mei 2023 kemarin. Pemeriksaan ini terkait penyidikan dugaan korupsi bantuan sosial (bansos).

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, penggeledahan itu dilakukan oleh lembaga antirasuah saat dirinya sedang melaksanakan rapat dengan jajarannya.

"Jadi kemarin ceritanya saat saya kerja, saya rapat di ruang rapat sana bersama staf tiba-tiba ada dari umum menyampaikan ke saya. Bu, ada KPK mau ke Dayasos (Dirjen Pemberdayaan Sosial), oh saya langsung nangkep. Oh mau ke Dayasos, saya langsung nangkep pasti kaitannya dengan IGR, karena memang anggarannya dari situ," kata Risma kepada wartawan, Rabu (24/5/2023).

Lantas, Risma pun ingin agar dirinya lebih dulu dipertemukan dengan pihak KPK di ruang tamu. Ketika itu, pihak KPK mengaku ingin mencari data di kementeriannya tersebut.

Kemudian, Risma pun mempersilahkan tim dari KPK melakukan pemeriksaan. Karena, ia merasa tidak boleh adanya intervensi pada proses pemeriksaan tersebut.

"Bu saya minta ruangan untuk menyiapkan, oh iya nanti kita siapkan. Sudah, mereka naik sudah ketemu saya, mereka naik. Naik, terus saya enggak tahu sudah kemana mau ke lantai ini ada yang nganter," jelasnya.

"Saya enggak tahu, saya tetap kerja di ruangan, itu kami bahas pekerjaan yang saya minta selesaikan bulan Juli," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan Selesai Magrib

Setelah beberapa jam melakukan proses pemeriksaan di ruangan yang dimaksud, kemudian KPK pun meninggalkan Kementerian Sosial yang diantarkan olehnya. Selanjutnya, Risma kembali melanjutkan pekerjaannya.

"Nah, terus abis sudah malem, enggak malem sih masih sore. Magrib itu sampaikan sudah selesai bu mau turun, mau ketemu saya untuk pamit saya ketemuin. Terus sudah selesai kita ngobrol-ngobrol sebentar, terus saya ditunjukkan sama staf berita acaranya," ungkapnya.

"Bu ini berita acaranya, saya tidak baca detail. Karena saya tahu tidak bisa intervensi apapun disitu, karena saya tidak tahu masalahnya," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

KPK Geledah Kantor Kemensos

Diketahui, KPK melakukan penggeledahan di kantor Kementerian Sosial (Kemensos) terkait penyidikan dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos). Informasi terkait penggeledahan tersebut dibenarkan Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.

"Benar, hari ini ada kegiatan penggeledahan yang dilakukan Tim Penyidik KPK di Kementerian Sosial," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa 23 Mei 2023, dikutip Antara.

KPK menerangkan penggeledahan dilakukan untuk mengumpulkan alat bukti terkait penyidikan dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial berupa beras.

"Terkait dugaan tindak pidana korupsi penyaluran bantuan sosial berupa beras untuk Program Keluarga Harapan Tahun 2020-2021 di Kementerian Sosial," ujar Ali.

Meski demikian, KPK belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut soal penggeledahan tersebut karena proses hukum yang sedang berjalan.

"Kami akan sampaikan perkembangan dari kegiatan dimaksud setelah seluruh proses telah selesai dilakukan Tim Penyidik KPK," kata Ali.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.
    Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.

    Tri Rismaharini

  • Kemensos atau Kementerian Sosial adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan sosial.

    kemensos

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • mensos

  • Korupsi Bansos