Sukses

Siap Cetak Rekor MURI, KNPI Realisasi Konsep Activistpreneur

Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) di bawah kepemimpinan M. Ryano Panjaitan, menyelenggarakan Activistpreneur Academy dan telah melaksanakan "Launching Activispreneur Go-Digital" di Roemah Pemoeda, Jakarta pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) di bawah kepemimpinan M. Ryano Panjaitan, menyelenggarakan Activistpreneur Academy dan telah melaksanakan "Launching Activispreneur Go-Digital" di Roemah Pemoeda, Jakarta pusat.

Menanggapi hal itu, Anggota DPR RI Dave Laksono yang turut hadir di dalam acara menyatakan, Activistpreneur merupakan konsep yang luar biasa.

Dia bersaran, "Mumpung semangat pegiatnya masih tinggi, euforia masih luar biasa dan ideologinya masih murni, maka patut didorong konsep Activistpreneur secara milenal," kata Dave dalam sambutan nya di Launching Actvistpreneur Go-Digital, seperti dikutip, Sabtu (13/5/2023).

Dave meyakini, tujuan Activistpreneur untuk memperkuat dan juga membuka wawasan aktivis, agar jangan hanya kita ngomong politik sana-sini, namun juga memberikan sumbangsih yang jelas bagi perekonomian negara dan bangsa.

Selain itu, sambung Dave, semangat Activistpreneur sangatlah baik karena akan menyerap tenaga kerja yang sangat banyak ketika para aktivis menjadi enterpreneur. Selanjutnya konsep ini juga dapat membatu untuk mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran di Indonesia.

Dave menjelaskan, Indonesia saat ini sedang memasuki siklus Bonus Demografi. Kalau dilihat, jumlah gen Z mencapai 50% jumlah populasinya di Tanah Air. Artinya, Indonesia memiliki jumlah work force terbesar di ASEAN. Dave lalu mengajak, anak bangsa keluar dari Midlle Income Trap dengan bisa memberikan semangat, pengetahuan, akses permodalan dan teknologi untuk mengurangi angka kemiskinan tersebut.

"Kita yakin kita bisa melakukan itu. Kementrian Sosial, Ibu Risma pun menegaskan bahwa setiap orang pun bisa untuk menjadi enterpreneur, enterpreneur itu bukan milik etnis tertentu. Asalkan mau belajar dan mengerti tentang bisnis pasti bisa untuk membukan sebuah UMKM," yakin Dave.

Dave percaya, KNPI di bawah Kepemimpinan Ryano, adalah satu-satunyanya yang memiliki legalitas formal yang resmi dari negara. Maka dari itu, Dave siap ikut menyukseskan agenda terkait.

"Kegiatan ini selaras dengan Pemerintahan, maka dari itu saya siap untuk mendukung penuh kegiatan ini," Dave memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Pecahkan Rekor MURI

Diketahui, DPP KNPI dalam launching acara Activispreneur Go Digital ini bekerjasama dengan Wiranesia Foundation dan Bank Mandiri sebagai pemodal, dimana program ini bertujuan untuk mengembangkan sektor UMKM dan mendorong kewirausahaan pemuda untuk menghadapi Indonesia emas 2045.

Kegiatan Launching Activistpreneur Go Digital merupakan awal dari kegiatan besar DPP KNPI di bawah kepemimpinan Ryano Panjaitan menuju REKOR MURI. Rencananya DPP KNPI akan memberi pelatihan dan akses permodalan kepada 9999 UMKM di seluruh Indonesia.

"Puji syukur kemarin kami sudah melakukan launching Activistpreneur Go-Digital yang merupakan tingkatan dasar dari pelatihan. Selanjutnya kami akan melakukan Road Show ke UMKM di seluruh Indonesia yang telah mengikuti pelatihan yang kami berikan," tutur Ryano.

Ryano menambahkan, usai pelatihan para pelaku UMKM akan masuk di step ke dua yaitu Scale Up dan Inkubator. Pada step tersebut, mereka akan dibimbing agar UMKM mereka dapat naik kelas dan berkesempatan untuk mendapatkan bantuan permodalan.

"Mulai dari sekarang yuk, kita gak boleh hanya menjadi konsumer, makanya kita petakan diri kita hari ini kita sebagai apa? Yuk kita bukakan teknologinya sebaik-baiknya untuk membuka peluang peluang itu. Karena hari ini, siapapun, kapanpun, dimanapun bisa melakukan aktifitas ekonomomi asalkan mereka ada kemauan." Ryano memungkasi.

Sebagai informasi, Launching Activistpreneur Go Digital ini merupakan awal dari kegiatan besar DPP KNPI di bawah kepemimpinan Ryano Panjaitan menuju rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memberikan pelatihan dan akses permodalan kepada 9999 UMKM di seluruh Indonesia.

Merari Bellaqita selaku Ketua Panitia Pelaksana mengaku bersyukur, KNPI sudah melakukan launching Activistpreneur Go-Digital yang merupakan tingkatan dasar dari pelatihan. Selanjutnya, dia memastikan KNPI akan melakukan Road Show ke UMKM di seluruh Indonesia yang telah mengikuti pelatihan diberikan.

“Para pelaku UMKM akan masuk di step kedua yaitu Scale Up dan Inkubator. Pada step tersebut, mereka akan dibimbing agar UMKM mereka dapat naik kelas dan berkesempatan untuk mendapatkan bantuan permodalan,” jelas Merari.

Merari memastikan, target Ketua Umum Ryano Panjaitan adalah menjalankan visi besarnya yaitu Activistpreneur dengan mencetak Rekor MURI sebagai pelatihan UMKM Pemuda terbanyak se-Indonesia.

“Hal ini suatu kebanggaan bagi KNPI dapat memberikan sumbangsih bagi Negara dan Bangsa Indonesia dalam menekan angka kemiskinan dan angka pengangguran yang masih tinggi di Indonesia,” dia menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini