Sukses

Infografis Terdata 52 Persen Jalan di Indonesia Rusak

Presiden Jokowi mengunjungi Provinsi Lampung, guna mengecek langsung jalan rusak yang viral di medsos. Bukan hanya Lampung, ada sekitar 52 persen jalan rusak di berbagai daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar sejumlah jalan di Provinsi Lampung yang rusak parah menjadi viral di media sosial atau medsos. Bukan hanya menjadi perbincangan warganet, kondisi jalan rusak di Lampung juga menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Lantaran itulah, Presiden Jokowi mengunjungi Provinsi Lampung pada Jumat 5 Mei 2023. Kedatangan Jokowi guna mengecek langsung jalan rusak Lampung yang viral di medsos, belum lama ini.

Usai menyusuri jalan rusak, Jokowi mengatakan pemerintah akan mengucurkan anggaran Rp 800 miliar untuk perbaikan 15 jalan rusak di Provinsi Lampung. Terutama, jalan rusak di Kabupaten Rumbia, Lampung Tengah yang viral.

Selanjutnya, Jokowi memastikan perbaikan jalan rusak di Lampung akan dimulai pada Juni 2023. Jokowi telah memerintahkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk memulai proses lelang.

Rupanya kondisi jalan rusak tidak hanya banyak terjadi di Provinsi Lampung. Namun juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

"Jadi itu jalan seluruh Indonesia ada 52 persen yang rusak yang akan ditangani oleh pusat. Jadi pusat mengeluarkan dana tahun ini Rp 32,7 triliun," ujar Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia atau MTI, Djoko Setijowarno, Sabtu 6 Mei 2023.

Menurut Djoko, salah satu penyebab utama jalan rusak adalah truk yang mengangkut melebihi tonase dan dimensi. Dengan demikian, pemerintah diminta terlebih dulu membangun fasilitas jembatan timbang.

Seperti apa pernyataan Presiden Jokowi usai menjajal jalan rusak di Lampung? Bagaimana pula ragam tanggapan jalan rusak di Lampung? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Terdata 52 Persen Jalan di Indonesia Rusak

3 dari 4 halaman

Infografis Pernyataan Jokowi Usai Jajal Jalan Rusak di Lampung

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Jalan Rusak di Lampung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.