Sukses

Banyak WNI Jadi Korban, Jokowi Bawa Isu Perdagangan Orang di KTT ASEAN

Presiden Jokowi akan membawa isu pemberantasan perdagangan orang untuk dibahas dalam KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan membawa isu pemberantasan perdagangan orang untuk dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Isu ini diusulkan Jokowi karena sebagian besar korban merupakan warga negara Indonesia (WNI).

"Mengenai perdagangan manusia. Salah satu yang Indonesia usung untuk dibahas di KTT ini adalah pemberantasan perdagangan manusia, terutama online scams," kata Jokowi dalam konferensi pers di Labuan Bajo, Senin (8/5/2023).

"Ini penting dan sengaja saya usulkan karena korbannya adalah rakyat ASEAN dan sebagian besar adalah WNI kita," sambungnya.

Dia menyampaikan pemerintah Indonesia baru saja menyelamatkan 20 WNI korban perdagangan orang dari Myanmar. Jokowi mengungkapkan tak mudah mengevakuasi 20 WNI tersebut sebab mereka berada di wilayah konflik.

"Ini betul-betul sesuatu yang tidak mudah karena lokasinya berada di wilayah konflik," ucapnya.

Selain itu, kata Jokowi, otoritas Filipina dan perwakilan negara lainnya, termasuk Indonesia telah menyelamatkan 1.048 orang dan 10 negara pada 5 Mei 2023 lalu. Adapun 143 orang yang diselamatkan merupakan WNI.

Jokowi menegaskan kejahatan perdagangan manusia harus diberantas tuntas dari hulunya sampai ke hilir. Dia menuturkan akan diadopsi dokumen kerja sama penanggulangan perdagangan orang dalam KTT ASEAN 2023.

"Saya ulangi, (pemberantasan manusia) harus diberantas tuntas. Sehingga dalam KTT nanti akan diadopsi dokumen kerjasama penanggulangan perdagangan orang akibat penyalahgunaan teknologi," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Kedua di Labuan Bajo, Jokowi akan Tinjau Gladi KTT ASEAN

Presiden Joko Widodo melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (8/5/2023). Jokowi diagendakan untuk meninjau gladi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi akan mengawali agendanya dengan meninjau gladi ketibaan para pemimpin ASEAN di lobi Hotel Meruorah. Kemudian, dilanjutkan dengan gladi sesi foto tiap pemimpin ASEAN dengan Jokowi hingga gladi foto bersama.

Setelah itu, dia akan menuju Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, untuk meninjau tempat acara puncak KTT ASEAN. Jokowi juga direncanakan melihat tempat untuk jamuan santap siang para pemimpin ASEAN.

Agenda hari kedua kemudian akan ditutup dengan peninjauan gladi jamuan santap malam para pemimpin ASEAN yang akan digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach pada malam hari.

Sementara itu, Ibu Iriana juga diagendakan untuk melakukan peninjauan gladi acara para pendamping pemimpin ASEAN.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan KTT ke-42 ASEAN yang dilaksanakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo siap dilaksanakan. Jokowi menegaskan bahwa ASEAN tidak boleh menjadi proksi bagi negara atau pihak mana pun.

"Prinsip Indonesia di keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama dengan siapa pun dan kita tidak ingin ASEAN menjadi proksi siapa pun, proksi negara mana pun," kata dia dalam keterangannya kepada awak media di Bandara Internasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Minggu 7 Mei 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.