Sukses

Arus Balik Lebaran, 43 Ribu Pemudik Pengguna Kereta Api Jarak Jauh Tiba di Jakarta Hari Ini

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat arus balik pengguna kereta api (KA) jarak jauh yang tiba di area Daop 1 Jakarta masih tinggi dengan volume mencapai 43.000 orang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat arus balik pengguna kereta api (KA) jarak jauh yang tiba di area Daop 1 Jakarta masih tinggi dengan volume mencapai 43.000 orang. Sementara itu, volume pengguna yang berangkat juga masih mengalami peningkatan.

"Sejak 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini Jumat 28 April 2023 terdapat sekitar 43.000 pengguna yang tiba," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Jumat (28/4/2023).

Eva merinci dari jumlah tersebut 16.500 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen. Lalu, 15.000 penumpang lainnya turun di Stasiun Gambir.

Sementara itu, sebanyak 4.400 penumpang turun di Stasiun Bekasi, 4.600 penumpang turun di Stasiun Jatinegara dan sisanya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dari masa normal," ungkap Eva.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Menurut Eva, KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan sejumlah persiapan pada periode arus balik, seperti menambah ketersediaan kursi di area tunggu penumpang.

"Sehingga, penumpang (Kereta Api) yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barangnya pada area tertentu yang dapat mengganggu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Pelayanan Informasi

Selain itu, sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Lalu, petugas tambahan untuk mengatur kendaraan juga disiagakan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

Lebih lanjut, dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran.

Kerjasama juga dilakukan pihak PT KAI dengan Basarnas dan 45 provider rumah sakit (RS) guna percepatan penanganan apabila terjadi kondisi darurat.

Eva mengimbau agar seluruh pengguna jasa KAI yang tiba di area Daop 1 Jakarta memeriksa kembali barang bawaannya, termasuk pada area kursi penumpang.

"Biasanya, ujar Eva cukup banyak barang berharga penumpang yang tertinggal seperti dompet, telepon selular, hingga laptop dan lainnya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.