Sukses

Volume Kendaraan di Jalur Puncak Cenderung Menurun, Lalu Lintas Arah Jakarta Ramai Lancar

Polres Bogor memberlakukan one way atau satu jalur dari arah Puncak menuju Jakarta, Rabu siang (26/4/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Volume kendaraan di jalur Puncak, Kabupaten Bogor cenderung menurun di hari kelima libur lebaran. Terpantau tidak ada kemacetan panjang di sejumlah titik ruas Jalan Raya Puncak ini.

Namun begitu, Polres Bogor memberlakukan one way atau satu jalur dari arah Puncak menuju Jakarta, Rabu siang (26/4/4/2023). Kendaraan dari arah Puncak dan Cianjur dikuras untuk mengantisipasi kemacetan arus balik wisatawan dan mudik.

Tak seperti hari kemarin, dari pantauan Liputan6.com, Rabu pukul 13.30 WIB, sejumlah titik Jalan Raya Puncak mengarah Jakarta siang ini cenderung ramai lancar. Hambatan hanya terjadi di beberapa titik lokasi. Di antaranya di Simpang Megamendung, Pasar Cisarua, dan Taman Safari Indonesia.

Begitu pun di ruas Jalan Cipayung Girang sampai dengan Simpang Pasir Angin, yang biasanya padat, siang ini kendaraan melaju dengan kecepatan rata-rata di atas 40 km per jam.

Laju kendaraan mulai melambat ketika hendak memasuki Simpang Gadog tepatnya di Simpang Pasir Muncang. Kendaraan melambat karena adanya keluar masuk kendaraan ke jalur alternatif Megamendung.

Meski jalur menuju Puncak ditutup sementara, namun belum tampak antrean panjang kendaraan dari arah Jakarta. Kendati ada yang terjebak one way, mereka memilih putar arah.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin memperkirakan puncak kunjungan wisatawan ke kawasan berhawa sejuk ini diperkirakan sudah terjadi pada Senin 24 April 2023.

Data dari Satlantas Polres Bogor, tercatat kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak melalui exit Tol Ciawi maupun jalan arteri pada Senin mencapai 83.313 unit.

Untuk kendaraan roda dua sebanyak 34.905 unit, roda empat berjumlah 48.875 dan bus 343 unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendaraan yang Melintas di Puncak

Sedangkan di hari sebelumnya, Minggu (23/4/2023) tercatat kendaraan yang melintas ke arah Puncak total sebanyak 69.274 unit. Dengan rincian 26.819 sepeda motor, 42.172 mobil, dan 283 bus.

Sementara pada hari Lebaran atau Sabtu (22/4/2023) jumlah kendaraan yang melintasi Puncak total sebanyak 56.876 unit. 21.547 diantaranya sepeda motor, 35.116 unit mobil dan 213 bus.

Sementara puncak arus balik mudik dan wisata diperkirakan sudah terjadi pada Selasa siang kemarin.

Hal itu dilihat dari kepadatan kendaraan dari arah Cianjur menuju Jakarta. Meningkatnya volume kendaraan mengakibatkan kemacetan panjang.

"Ya kemungkinan hari ini puncak arus balik wisata dan mudik kendaraan yang melewati jalur Puncak," kata Iman, Selasa (25/4/2023).

Menurutnya peningkatan arus lalu lintas ini membuat pihak kepolisian melakukan penutupan jalur dari arah Jakarta menuju Puncak dan memberlakukan one way mengarah Jakarta dimulai pukul 06.00-14.30 WIB. One way mengarah Jakarta diberlakukan lebih awal dari biasanya. Ini untuk menguras arus balik wisatawan dan mudik.

"Lalu lintas dari arah Cianjur menuju Jakarta cukup padat sejak Selasa dini hari dan sampai siang, karena itu kami kuras kendaraan lebih lama dan lebih awal dari biasanya," kata (Achmad Sudarno)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.