Sukses

Arus Balik Lebaran Idul Fitri, 42.000 Penumpang Tiba di Jakarta Hari Ini

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 sudah terlihat di Stasiun Gambir dan Pasar Senen sejak Senin (24/4/2023). Hal ini terjadi juga pada hari ini, Selasa (25/4/2023) yang diperkirakan akan ada 42.000 penumpang yang tiba di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 sudah terlihat di Stasiun Gambir dan Pasar Senen sejak Senin (24/4/2023). Hal ini terjadi juga pada hari ini, Selasa (25/4/2023) yang diperkirakan akan ada 42.000 penumpang yang tiba di Jakarta.

"Sejak 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini Selasa 25 April 2023 terdapat sekitar 42 ribu pengguna yang tiba," kata Eva dalam keterangannya.

Dia merinci, dari jumlah tersebut, sebanyak 16.200 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 16.000 turun di Stasiun Gambir, 4.000 di Stasiun Bekasi, 4.400 di Stasiun Jatinegara, dan sisanya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal," sambung Eva.

Adapun mayoritas penumpang yang tiba hari ini berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Lebih lanjut, Eva berujar bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan pada arus balik Lebaran Idul Fitri. Misalnya, menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang .

"Diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," ucap Eva.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas CSM Disiapkan

Kemudian, sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun.

"Dari sisi keamanan dan keselamatan, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat," jelas Eva.

Tak hanya itu, Eva mengimbau agar para penumpang memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang. Sebab, banyak barang berharga yang tertinggal.

"Karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya," kata Eva.

 

Reportrer: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini