Sukses

Ucapan Selamat Anies Baswedan hingga Airlangga Usai Ganjar Jadi Capres PDIP

Diketahui, Ketum Megawati telah menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP untuk Pilpres 2024 yang digelar di Istana Batu Tulis, Bogor, pada Jumat, 21 April kemarin.

Liputan6.com, Jakarta Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) PDIP. Usai pencalonan tersebut, topik hangat lainnya yang kini tengah mencuat adalah mencari sosok yang tepat untuk mendampingi Ganjar sebagai cawapres.

Untuk diketahui, sejumlah nama belum lama ini sempat disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai pendamping Gubernur Jawa Tengah tersebut di Pemilu 2024 mendatang. Dua di antaranya ada nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan dan Keamanan Prabowo Subianto.

"Semakin jelas siapa capresnya sehingga nanti tinggal cawapresnya, ditunggu, sabar. Banyak calon cawapresnya, ada Pak Erick (Erick Thohir), ada Pak Sandiaga Uno, ada Pak Mahfud (Mahfud Md), ada Pak Ridwan Kamil, ada Cak Imin (Muhaimin Iskandar), Pak Airlangga (Airlangga Hartarto)," kata Jokowi usai melaksanakan sholat Idul fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Sabtu (22/4/2023).

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, kedua nama cawapres yang digadang akan menjadi pendamping Ganjar Pranowo kelak disebutnya telah sejalan dengan pemikiran Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Karena sebelumnya, lanjut Hasto, Presiden Jokowi dan Megawati telah melakukan komunikasi politik. "Itu semua dari Pak Jokowi ketika menyampaikan berbagai opsi opsi yang ada. itu bagian dari proses komunikasi yang dijalankan," jelasnya.

Diketahui, Ketum Megawati telah menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP untuk Pilpres 2024 yang digelar di Istana Batu Tulis, Bogor, pada Jumat, 21 April kemarin yang bertepatan dengan Hari Kartini.

"Menetapkan, saudara Ganjar Pranowo yang sekarang menjabat gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indoneisa dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," kata Megawati dalam siaran langsung Youtube PDI Perjuangan.

Usai deklarasi tersebut, tak sedikit tokoh negeri ini yang mengucapkan selamat kepada Ganjar. Salah satunya datang dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Kita doakan yang terpilih adalah yang terbaik untuk bangsa ini," ujar pria yang karib disapa Kang Emil usai salat Id di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Berikutnya datang dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. Lantas, apa kata JK?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. JK: Itu Wewenang PDIP, Kita Hormati

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla atau JK merespons sikap PDI Perjuangan yang resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) untuk konstestasi Pilpres 2024.

Dia pun menghormati keputusan dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Itu tentu wewenang dari PDI Perjuangan sendiri, dan kita menghormati itu," tutur JK kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu turut menyinggung rentang tahun politik dengan semangat Lebaran tahun ini, yang dalam perjalanannya berbagai pihak telah menyatakan dukungan terhadap sosok maju Pilpres 2024.

"Itu tidak ada hubungannya. Lebaran justru mempersatukan dan tidak ada pembeda terkait partai apa dan partai dari partai apa," tegas JK lagi.

JK pun mengajak agar Hari Raya Idul Fitri 1444 H menjadi momentum untuk memperkuat toleransi dan menjaga keberagaman.

3 dari 6 halaman

2. Anies Baswedan: Selamat dan Insyaallah Demokrasi Makin Matang

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga Calon Presiden (Capres) dari Partai Nasdem mengucapkan selamat atas diusungnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi Capres 2024 dari PDIP. Dia pun berharap demokrasi di Indonesia menjadi semakin matang dengan adanya sikap dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Selamat saya ucapkan selamat kepada Pak Ganjar, Insyaallah amanat yang diemabankan bisa dibawa dengan baik dan semoga ini semua akan terus membuat demokrasi kita makin matang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh masyarakat,” tutur Anies di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (22/4/2024).

Anies turut menanggapi calon wakil presiden yang nantinya akan dipasangkan dengannya. Namun begitu, dia masih enggan merinci momen penentuan tersebut.

"Kita lebaran dulu sampai selesai, baru mulai lebaran, lebaran dulu nanti habis lebaran kita lihat lagi,” jelas dia.

"Ini nanti habis lebaran berarti hari ke berapa ke berapa gitu,” sambungnya.

Anies mengingatkan agar publik dapat menikmati momen Lebaran 2023 terlebih dahulu sebelum nantinya masuk ke kontestasi Pilpres 2024 kembali.

“Santai saja dulu, santai dulu pokoknya yang penting sekarang ini,” Anies menandaskan.

4 dari 6 halaman

3. Romahurmuziy: Mas Ganjar Pranowo Bagian dari Keluarga Besar PPP

Ketua Majelis Pertimbangan DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy menyambut baik langkah PDI Perjuangan yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Menurut Romahurmuziy, Ganjar Pranowo merupakan bagian dari keluarga besar PPP.

"PPP menyambut baik diumumkannya Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP. Dengan demikian, masyarakat Indonesia secara politik sudah memiliki satu lagi bakal capres yang mulai bisa diikuti rekam jejaknya," kata Romahurmuziy dilansir dari Antara, Sabtu (22/4/2023).

Pria yang akrab disapa Rommy ini menyampaikan, Ganjar Pranowo bukan nama yang asing buat PPP. Menurutnya, Ganjar merupakan sosok yang dekat dengan PPP.

"Mertua Mas Ganjar, yaitu (alm.) Pak Supriyadi adalah tokoh NU dan Ketua PPP Purbalingga pada saat NU berfusi ke PPP pada 1973. Bahkan, kakak ipar Mas Ganjar, Mbak Nurul Hidayah Supriati masih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah aktif dari PPP," tutur Romi.

Romi menambahkan, sepanjang periode Pemilu 2009 dan 2014, dia juga sering berkampanye bersama Ganjar Pranowo.

"Karena kantor PPP Purbalingga Jawa Tengah adalah rumah mertua Mas Ganjar. Jadi, bisa dikatakan Mas Ganjar adalah bagian dari keluarga besar PPP juga," ungkap Rommy.

Walaupun demikian, PPP belum memutuskan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan calon wakil presiden (cawapres), meskipun partai punya kedekatan dengan Ganjar Pranowo.

5 dari 6 halaman

4. Ridwan Kamil: Siapa pun Jadi Pemimpin Sudah Ada Garis Tangannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah ditetapkan sebagai bakal calon presiden (capres) yang diusung PDI Perjuangan.

"Ya, selamat untuk Pak Ganjar menjadi (bakal) capres dari PDI Perjuangan. Didoakan lancar dan terkabul apa yang dicita-citakan," kata Ridwan Kamil usai salat Id di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Dia mengatakan siapa pun yang nantinya menjadi pemimpin Indonesia sudah merupakan takdir. Selain itu, menurutnya, takdir tersebut juga perlu dijemput dengan cara yang baik. Dia juga mengajak warga Jawa Barat untuk tidak berselisih dan bertengkar jika di kemudian hari sudah ada pemimpin terpilih.

"Siapa pun yang jadi (pemimpin), sudah ada garis tangannya ya. Nggak usah kita sampai seperti tahun-tahun sebelumnya," tambahnya, dikutip Antara.

6 dari 6 halaman

5. Ganjar Capres PDIP, Airlangga: Selamat, Kalau Golkar Capresnya Sudah Diputuskan Munas

Ketua Umum Airlangga Hartarto menyampaikan selamat pada PDIP atas pengumuman Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP.

“Tentunya selamat karena PDIP sudah memutuskan,” kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Sabtu (22/4/2023).

Menurut Airlangga, keputusan PDIP tidak berpengaruh dengan Golkar, sebab pihaknya juga sudah memutuskan capres adalah dirinya.

“Kalau Golkar sudah diputuskan dalam munas yang lalu. Jadi ini hanya bagian dari masing masing parpol,” kata dia.

Menurutnya tak akan ada pengaruh pengumuman Ganjar dengan sikap Golkar dan KIB. 

“Ya itu kan masing-masing parpol punya pencapresan sendiri. Biasa-biasa saja,” kata dia.

Terkait wacana koalisi besar, Airlangga menyebut nanti akan dibicarakan lagi oleh para ketua umum lain.

“Kedepan kuta tentu akan bahas dengan ketum,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • ganjar

  • PDIP

  • peristiwa

Video Terkini