Sukses

Hari Pertama Cuti Lebaran 2023, Stasiun Pasar Senen Ramai Dipadati Pemudik

Pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat di hari pertama penetapan cuti Hari Raya Idul Fitri 2023 (19/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat di hari pertama penetapan cuti Hari Raya Idul Fitri 2023 (19/4/2023).

Pantauan Liputan6.com, hingga pukul 14.07 WIB Pasar Senen ramai pemudik. Bahkan, kursi-kursi tunggu pun penuh oleh pemudik. Pemudik rata-rata membawa koper dan tas berukuran besar.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan memang terjadi peningkatan jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir di hari pertama cuti Lebaran 2023.

"Adapun keberangkatan kereta api jarak jauh pun juga terhitung mulai mengalami kenaikan yang sangat signifikan yang artinya puncak arus mudik kalau kita melihat dari sisi okupansi penumpang, puncak arus mudik dari area jakarta mulai terjadi tgl 19 ini sampai tanggal 21 nanti," kata Eva.

Menurut Eva, baik dari Pasar Senen dan Stasiun Gambir keberangkatan telah mencapai 100 persen. Bahkan, kata Eva untuk hari ini tidak ada ketersediaan tiket di go show ya kedua stasiun.

"Jadi untuk tiket, hampir seluruh KA itu sudah full kecuali kalau nanti berjalannya waktu ada yang melakukan pembatalan," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jarang Ada Pembatalan Perjalanan

Namun, kata Eva di momen lebaran seperti ini jarang ada penumpang yang melakukan pembatalan perjalanan. Kecuali, kata dia pembatalan hanya kerap terjadi pada penumpang yang tidak memenuhi persyaratan atau datang terlambat ke stasiun.

"Untuk hari ini sendiri terdapat 24 ribu pengguna jasa yang berangkat dari stasiun pasar senen dan kemudian sekitar 18 ribu pengguna jasa yang berangkat dari Gambir," ucap Eva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.