Sukses

Pakar Media Sosial Sebut Nama Erick Thohir Tersebar Merata di Berbagai Provinsi Indonesia

Jika dikonversi di dalam persentase, Erick Thohir mendominasi dengan 40,6 persen perbincangan di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Pakar Digital dan Pengamat Media Sosial Menara Digital, Anthony Leong menyatakan, nama Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang tersebar merata di berbagai provinsi di Indonesia. Hal ini terlihat berdasarkan analisa big data yang dilakukan oleh Menara Digital terhadap kandidat – kandidat cawapres Indonesia.

Nama Erick Thohir dikatakan dominan di berbagai perbincangan media di banyak provinsi. Termasuk di Jawa Timur (Jatim) di mana pemimpin andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut bersaing dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

"Hasil riset kami juga menganalisa distribusi data provinsi perbincangan netizen terkait keenam kandidat. Posisi data perbincangan Erick Thohir hampir mendominasi di semua provinsi terkecuali di wilayah Provinsi Jawa Timur yaitu Khofifah Indar Parawansa," terang Anthony, Senin (17/4/2023).

Pun bersaing dengan Khofifah di Jawa Timur namun secara keseluruhan Erick Thohir menjadi kandidat yang paling sering diperbincangkan oleh netizen jika menyangkut cawapres. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Anthony, Eks Presiden Inter Milan ini memiliki jumlah perbincangan sebanyak 81.106 dari 199.288 data yang dianalisa.

"Total perbincangan netizen dari semua sumber ada sebanyak 199.288 data. Terbanyak pertama diduduki oleh Erick Thohir dengan jumlah perbincangan 81.106,” ujar Anthony.

Seperti diketahui, riset big data dilakukan oleh Menara Digital selama kurun waktu 5 Januari - 5 April 2023. Riset big data terbaru dilakukan terkait perbincangan netizen mengenai elektabilitas para cawapres pada Pilpres 2024 mendatang.

Selama periode analisis tersebut, perbincangan netizen terdapat sebanyak 199.288 data. Di mana mayoritas membicara Erick Thohir sebagai cawapres di kontestasi demokrasi 2024 mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dominasi 40,6 Persen Perbincangan di Medsos

Dalam analisa ini, Menara Digital juga menyertakan kandidat cawapres lainnya seperti Sandiaga Uno, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, dan Susi Pudjiastuti. Namun angka terkuat tetap dipegang oleh Erick Thohir di media sosial.

Jika dikonversi di dalam persentase, Erick Thohir mendominasi dengan 40,6 persen perbincangan di media sosial kemudian disusul oleh Sandiaga Uno 22,5 persen dan ketiga Muhaimin Iskandar 17,3 persen. Sedangkan di tempat keempat ada nama Agus Harimurti Yudhoyono 9,7 persen, kelima Khofifah Indar Parawansa 9 persen, dan keenam Susi Pudjiastuti 0,9 persen.

"Berdasarkan persentase tersebut Erick Thohir kokoh dipuncak, kemudian disusul Sandiaga Uno," pungkas Anthony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.