Sukses

Menteri PPPA Kunjungi Stasiun Pasar Senen, Cek Persiapan Mudik Ramah Perempuan dan Anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Minggu (16/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Minggu (16/3/2023). Kunjungan tersebut untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana di Stasiun Pasar Senen agar ramah bagi penumpang perempuan dan anak.

"Standarisasi yang kita harapkan untuk bisa memberikan mudik yang aman nyaman dan ramah perempuan dan perlindungan anak secara umum itu sudah dipenuhi," kata Bintang, saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Tak hanya itu, Bintang turut meninjau ruang laktasi yang disediakan PT KAI serta standarisasi terhadap penumpang disabilitas yang menggunakan angkutan transportasi kereta api.

"Kemudian pemeriksaan kesehatan juga sudah ada dan difasilitasi dengan baik. Kemudian terkait dengan disabilitas itu sudah ada langkah-langkah yang luar biasa dilakukan dan juga untuk memberikan suasana yang nyaman kepada anak-anak itu sudah ada ruang bermain untuk yang ramah untuk anak-anak," ucapnya.

Lebih lanjut, Bintang juga memastikan bagaimana komitmen PT KAI untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak saat menggunakan kereta api.

"Nah langkah konkretnya apa? Sekali lagi terima kasih kepada PT KAI ketika ada pelaku kekerasan seksual terhadap peremuan dan anak kekerasan yang terjadi, itu pelaku sudah di blacklist itu sudah tidak akan bisa naik kereta api lagi. Nah ini terima kasih banyak komitmen ini lah yang kami harapkan untuk memberikan ruang yang aman ramah terhadap perempuan dan anak," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan untuk Pemudik

Dia pun menghimbau, jika penumpang kereta api mengalami kekerasan seksual, Kementerian PPPA sudah menyiapkan berbagai layanan untuk pengaduan. Sehingga, penumpang tak perlu merasa khawatir jika mengalami kekerasan seksual.

"Ya makanya kami selalu sampaikan kepada temen-teman ya di PT KAI juga ketika ada kekerasan yang terjadi di kereta api di staisun manapun itu kita harapkan melapor karena kita ada punya layanan sahabat perempuan dan anak melalui hotline 129 atau melalui whatsapp 08111129129," imbuh Bintang.

Turun mendampingi Bintang dalam peninjauan kali ini diantaranya, Kepala stasiun Pasar Senen Hendrik Mulyanto, Dirjen Perkeretaapian Ditjen Kemenhub M Risal Wasal, dan Direktur operasi PT KAI Awan Hermawan.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.