Sukses

Polisi Dalami Kejiwaan Yudo Andreawan, Pria Pembuat Onar yang Diduga Mengidap Mental Disorder

Polisi akan panggil dokter pribadi dari Yudo Andreawan (26), pria yang berbuat onar di Stasiun Manggarai. Pemanggilan itu guna mengetahui kondisi kesehatan mental sekaligus kejiwaan dari Yudo.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akan panggil dokter pribadi dari Yudo Andreawan (26), pria yang berbuat onar di Stasiun Manggarai. Pemanggilan itu guna mengetahui kondisi kesehatan mental sekaligus kejiwaan dari Yudo.

Kasubdit Ranmor Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah menerangkan, Yudo Andreawan diduga mengindap mental disorder.

Dugaan ini diperkuat dengan temuan Surat Keterangan atau resep obat yang dikeluarkan oleh dokter. Di samping pengakuan dari pelaku sendiri.

"Ini masih keterangan dari pelaku yang mana mental disorder itu ketika seseorang mohon maaf kalau saya salah ketika seseorang panik atau tidak terima dengan keadaan muncullah perbuatan-perbuatan yang diluar dari kesadarannya," kata Yuliansyah kepada wartawan, Jumat (14/4/2023).

Yuliansyah mengatakan, pihaknya mencecar Yudo Andreawan dengan sejumlah pertanyaan termasuk riwayat kesehatan dan kejiwaan dari pelaku.

Namun, Yuliansyah tak bersedia membeberkan secara detail karena masih menunggu hasil keterangan dari pihak dokter yang pernah menangani pelaku.

"Kami tanya, 'anda ini sudah berobat', 'Saya sudah pak, ini dokter saya, ini dokter saya, dia sendiri yang menyampaikan. Kita dapat nomornya sekarang anggota sedang mengecek," ujar dia.

Yuliansyah mengatakan, pihaknya telah undang dokter pribadi pelaku untuk hadir memberikan keterangan di Polda Metro Jaya. Dari sana, akan diputuskan tindaklanjut terhadap pelaku.

"Apakah perlu diobservasi atau apa, tentunya itu keputusan dari dokter. Kami akan panggil dokter kejiwaannya, kami sudah ada namanya," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditangkap Polisi

Sebelumnya, Seorang pria pembuat onar di Stasiun Manggarai yang viral di media sosial berhasil dibekuk oleh pihak kepolisian. Pria itu kini sudah diamankan di Mapolda Metro Jaya.

Nama pembuat onar itu Yudo Andreawan. Beredar foto wajah gempalnya sambil mengenakan kacamata tengah dimintai keterangan oleh polisi. Yudo ditangkap karena aksinya mengamuk dan marah-marah di Stasiun Manggarai.

"Ya betul (pelaku ditangkap)," ujar Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah saat dikonfirmasi, Jumat (14/4).

Yuliansyah belum dapat merinci perihal motif pelaku yang marah-marah. Namun Yudo Andreawan berhasil ditangkap pada dini hari tadi untuk dimintai keterangan atas aksinya yang meresahkan.

"Kami amankan sekitar 02.00 WIB dini hari tadi," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.