Sukses

Mudik Lebaran 2023, Pemerintah Prediksi Cipali dan Merak Jadi Titik Kemacetan Tertinggi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksikan titik kemacetan tertinggi akan terjadi di ruas Jalan Tol Cipali dan Merak. Hal itu disampaikan Budi saat bertandang ke Mabes Polri, Kamis 6 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksikan titik kemacetan tertinggi akan terjadi di ruas Jalan Tol Cipali dan Merak. Hal itu disampaikan Budi saat bertandang ke Mabes Polri, Kamis 6 April 2023.

"Titik-titik kemacetan yang mungkin terjadi paling tinggi itu adalah pertama kali Cipali dan kedua Merak," kata Budi saat di Mabes Polri, Jakarta, seperti dikutip Jumat (7/4/2023).

Budi pun mengimbau, agar masyarakat bisa mudik lebih awal. Tujuannya, agar terhindar dari puncak kemacetan lalu lintas.

"Oleh karenanya untuk yang akan mudik ke Jawa Tengah itu kami anjurkan untuk mudik lebih awal," imbau Budi.

Selain Cipali dan Merak, Budi menyebut titik lain yang juga menjadi perhatian dan perlu dimatangkan persiapannya seperti di Kepri, Madura, Samarinda, Maluku dan Papua.

"Kami akan menugaskan kapal-kapal negara di sana dan juga minta bantuan Panglima untuk hal itu (mengantisipasi kepadatan pemudik)," dia menandasi.

Sebelumnya diberitakan, Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 terjadi pada 20 dan 21 April.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Mudik Lebaran Sudah Diprediksi

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi, menghindari puncak arus mudik maka sebagian masyarakat diperkirakan akan bergerak sejak sore di tanggal 18 April 2023.

"Tanggal 18 sore itu masyarakat sudah ada yang akan melakukan kegiatan perjalanan mudik," kata Firman kepada wartawan di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Rabu 5 April 2023.

Nantinya, saat arus balik lebaran Firman memprediksi akan terjadi pada 25 dan 26 April 2023. Mengantisipasi hal itu, dia memastikan seluruh anggotanya sudah ditugaskan melakukan pengawasan sejak 17 April 2023.

"Kami akan segera menugaskan beberapa perwira pengawas dan jajaran karena bergelar di seluruh jalan tol itu sudah mulai pasca gelar pasukan pada tanggal 17," dia menutup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.