Sukses

Jokowi Penuhi Janji Ajak Ketum PAN Zulhas Blusukan ke Pasar, Lebih Cepat dari Perkiraan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memenuhi janjinya mengajak Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan blusukan ke pasar.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memenuhi janjinya mengajak Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan blusukan ke pasar.

Janji yang ditepati ini, bahkan lebih cepat dari perkiraan Zulhas, sapaan akrab Mendag.

Jokowi bersama Zulhas mengunjungi Pasar Johar Baru Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023), dengan menggunakan mobil dinas berplat RI-1. Sebelum itu, keduanya juga menijau harga dan pasokan pangan di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur.

Jokowi mengatakan kunjungannya ini untuk mengecek stok dan harga kebutuhan pokok, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444H. Menurut dia, pasokan kebutuhan pokok saat ini tercukupi.

Sementara sejumlah harga barang kebutuhan pokok seperti, telur ayam, daging ayam, beras, hingga bawang mengalami penurunan. Jokowi menyebut hanya ada kenaikan di harga daging, namun tak signifikan.

"Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yamg turun. Telur turun, ayam turun, daging ayam turun, beras juga turun, bawang juga turun. Yang naik daging naik dikit," jelasnya.

Kendati begitu, dia menilai penurunan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran 2023 cukup bagus karena akan memperkuat daya beli masyarakat.

"Saya kira ini baik sesuai dengan pantauan BPS kemarin memamg terjadi deflasi. Ini bagus dalam posisi mau lebaran tapi harga harga turun," tutur dia.

"Tapi yang jelas harga banyak yang turun sehingga akan memperkuat daya beli rakyat," sambung Jokowi.

Adapun blusukan bareng ini sesuai pernyataan Jokowi di Rumah PAN, di Kantor DPP PAN, Jalan Warung Buncit Raya, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu 2 April 2023.

Pada saat silaturahmi di Rumah PAN bersama ketua umum partai politik pendukungnya, Jokowi menyampaikan janjinya untuk mengajak Zulhas blusukan bersama. Jokowi mulanya merespons pidato Zulhas yang menyinggung elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Zulhas menduga, elektabilitas Prabowo naik karena mendampingi Jokowi saat melakukan kunjungan kerja.

"Ini tadi disinggung mengenai Pak Prabowo yang naik elektabilitasnya. Saya pikir-pikir naiknya elektabilitas beliau itu bukan karena saya, ndak, ya karena beliau sendiri dan Gerindra," ungkap Jokowi di acara silaturahmi Ramadan di kantor DPP PAN Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zulhas Berharap Diajak

Dia menduga Zulhas ingin diajak juga kunjungan seperti Prabowo. Jokowi pun akan mengajak Zulhas turun ke bawah bulan depan. Nyatanya,

"Udah minggu depan, besok nanti tiga kali dengan saya udah. Bukan minggu besok, bulan besok, bulan besok. Sebetulnya urusan-urusan yang sering saya lakukan itu kan ke pasar, memang cocoknya dengan Pak Zulkifili, tetapi enggak tahu yang sering minta diajak Pak Prabowo, Pak Zulkifli diam-diam saja, baru saja kita tahu, Pak Zulkifli minta diajak," ujar Jokowi.

Namun, ternyata Jokowi menepati janjinya lebih cepat. Tak pelak, kondisi ini menunjukkan kedekatan Presiden dengan Mendag. Keakraban Mendag dengan Presiden Jokowi juga terbukti pada banyak kesempatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.