Sukses

Puji Gibran soal Piala Dunia U-20, PSI: Konsistensi Pejabat Publik Dibutuhkan

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memuji Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang berkomitmen atas sikapnya terkait Piala Dunia U-20, Meski FIFA telah membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memuji Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang berkomitmen atas sikapnya terkait Piala Dunia U-20, Meski FIFA telah membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Ada pelajaran penting dalam kasus Piala Dunia U-20, yaitu pentingnya konsistensi sikap dan pendirian pejabat publik. Mas Gibran mengatakan telah menandatangani kesepakatan Solo menjadi salah satu venue. Nah, kesepakatan itu dihormati dan dilaksanakan secara konsekuen, termasuk menerima kehadiran Tim Israel. Sikap Mas Gibran ini layak dicontoh,” kata Ketua DPP PSI, Satia Chandra Wiguna, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/4/2023).

Menurutnya, akan sangat bermasalah jika ada pejabat publik yang inkonsisten. Apalagi menyangkut urusan besar seperti Piala Dunia U-20.

“Semua persiapan sudah dilakukan, dan tentu itu menyangkut dana yang tidak kecil. Juga soal-soal lain seperti reputasi Indonesia di mata dunia dan kesempatan para anak muda untuk mewujudkan mimpi bermain di ajang internasional,” lanjut Chandra.

Diketahui, FIFA telah resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal itu disampaikan FIFA melalui situs resminya, Rabu 29 Maret 2023.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," ucap FIFA dalam situs resmi mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Gibran ke Erick Thohir

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku akan terus mendukung langkah Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam memperjuangkan Indonesia di Piala Dunia U-20.

"Walaupun gelap saya tetap di belakang jenengan pak. Dengan segala risikonya," tulis Gibran di akun twitter miliknya.

Cuitan Gibran ini untuk mengomentari cuitan Erick Thohir yang hanya mengunggah gambar hitam.

Foto berlatar hitam tanpa pernyataan apapun diunggah Erick pada Kamis 30 Maret 2023. Foto itu diunggah usai Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA resmi membatalkan keikutsertaan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Gibran sendiri siap diberi sanksi oleh partainya lantaran beda sikap dengan PDIP soal Piala Dunia U-20.

"Saya siap menerima hukuman," tulis Gibran dalam akun twitternya, Jumat, 31 Maret 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.