Sukses

JK: Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 Bisa Jadi Momentum Indonesia Perjuangkan Hak Palestina

JK berpandangan, jika Indonesia ingin terlibat dalam memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina, maka bisa mendorong dialog perdamaian dengan memanfaatkan keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Jusuf Kalla atau JK menyoroti ramainya penolakan timnas Israel mengikuti piala dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia. Dia kemudian menjelaskan konflik antara Palestina dan Israel (Perang Arab-Israel) yang sudah berlangsung 70 tahun.

Hal ini disampaikan JK di sela menghadiri acara buka puasa bersama di Phnom Penh, Kamboja, Senin 27 Maret 2023. Acara yang digelar warga muslim Kamboja ini juga dihadiri PM Kamboja, Hunsen serta Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim.

Selama kurun waktu tersebut, kata JK, terjadi tiga kali perang besar masing-masing pada 1948, 1967, dan Perang Yom Kippur 1973. Dari sekian kali perang, yang terlibat langsung membela kepentingan Palestina melawan Israel adalah Mesir, Suriah, dan Jordania.

"Ironisnya, setiap kali perang, wilayah Arab termasuk Palestina justru semakin banyak dikuasai Israel," ujar JK seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (28/3/2023).

Mantan Wakil Presiden Indonesia ini berujar, dalam kondisi seperti saat ini tentu tidak bisa lagi berharap banyak dari Mesir, Suriah, dan Jordania untuk berperang demi kedaulatan Palestina.

"Maka satu-satunya jalan yang terbaik untuk memperjuangkan dan memulihkan hak-hak bangsa Palestina, melalui jalan dialog menuju perdamaian," kata JK.

Jika Indonesia ingin membantu kepentingan rakyat Palestina melawan Israel, maka posisi yang harus diperkuat adalah mengenal kedua belah pihak agar dapat mendorong mereka maju ke meja perundingan yang adil.

Pandangan ini pula yang saat ini diyakini beberapa negara Arab di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar. Mereka mulai berhubungan baik dengan Israel. Sebab selama ini yang punya hubungan diplomatik dengan Israel hanya Mesir, Jordania, dan Turki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RI Bisa Manfaatkan Momentum Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Karena itu, Indonesia dapat memanfaatkan momentum keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 untuk memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina.

Jika ajang olahraga internasional itu terlaksana dengan mengikutsertakan Israel, menurut JK, justru dapat membangun upaya perdamaian lewat jalan dialog demi memperjuangkan kepentingan rakyat Palestina.

"Jadi kalau Indonesia menerima kehadiran Israel dalam keikitsertaannya di Piala Dunia U-20, justru menunjukkan peran aktif Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak bangsa Palestina, melalui jalur dialog untuk perdamaian kedua pihak," tegas Jusuf Kalla yang terlibat penyelesaian beberapa konflik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.