Sukses

Pemprov DKI Jaring 627 Pemulung hingga Juru Parkir Liar di Jakarta Selama Periode Februari 2023

Liputan6.com, Jakarta Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta telah menjaring setidaknya total 627 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) seperti pemulung, pengamen, pengemis, gelandangan dan juru parkir liar selama periode Februari 2023.

“Selama bulan Februari 2023, Dinas Sosial berhasil mengamankan sebanyak 627 PPKS,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Maria Margaretha dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (25/3/2023).

Pada pelaksanaannya, Dinsos DKI Jakarta berkoordinasi dengan Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) DKI. Pengamanan pemulung hingga juru parkir liar ini bakal dioptimalkan selama bulan Ramadhan.

Maria mengatakan, penjangkauan PPKS di seluruh wilayah Jakarta mulai intensif sejak apel bersama pada tanggal 9 Februari 2023 yang dihadiri Dinas Sosial, Satpol PP, TNI dan Polri.

Maria menjelaskan bahwa para PPKS dijangkau dengan dua cara yakni secara persuasif dengan memberi imbauan, peringatan dan teguran, serta secara koersif dengan melakukan pembinaan pada PPKS di panti-panti sosial milik Dinas Sosial DKI Jakarta.

Maria menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah menyiagakan petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) menjaga sejumlah lokasi yang menjadi titik PPKS berada.

2 dari 2 halaman

Minta Masyarakat Melapor

Lebih lanjut, Maria menyebut pihaknya juga bertindak apabila memperoleh aduan dari warga Ibu Kota. Oleh sebab itu, dia mengimbau masyarakat untuk tak segan menyampaikan laporan apabila mendapati PPKS yang meresahkan.

“Personel P3S juga disiapkan untuk menjaga titik-titik rawan PPKS di samping ada petugas juga yang bekerja dalam unit reaksi cepat untuk merespons apabila ada keluhan atau laporan dari masyarakat terkait dengan adanya PPKS,” kata Maria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.