Sukses

Wiranto Tunda Gabung PAN, Kenapa?

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menunda bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menunda bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN). Penundaan Wiranto bergabung dengan PAN itu diungkap oleh pengacara Wiranto, Adi Warman.

Namun, dia tidak mengungkap alasan Wiranto menunda keputusannya bergabung dengan partai tersebut.

"Terkait dengan ramainya pembicaraan di area publik tentang bergabungnya bapak ke PAN dengan ini saya menyampaikan bahwa, rencana bergabungnya bapak ke PAN ditunda karena sesuatu," ujar Adi Warman, Senin (20/3/2023).

Dia mengaku belum bisa membeberkan banyak soal Wiranto tunda bergabung dengan PAN. Dia menjelaskan, informasi yang beredar Wiranto telah bergabung ke PAN sejak 2023 tidak benar.

"Saya ingatkan dan tegaskan juga informasi yang ditulis di Wikipedia.org tentang bapak sejak tahun 2023 ada di PAN adalah tidak benar belum terkonfirmasi resmi pihak kami," kata Adi.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto merespons soal kabar dirinya bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN). Terkait itu, Wiranto belum bisa memberi jawaban pasti lantaran baru sekadar isu.

"Kan isu, masa saya nanggapin isu," kata Wiranto di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Namun, mantan Ketua Umum Partai Hanura itu tidak membantah tegas soal dirinya akan bergabung ke PAN.

"Tunggu saja," kata Wiranto.

Dia juga tak memberi penjelasan spesifik saat ditanya petinggi PAN bakal mengumumkan dirinya bergabung.

"Berita seperti itu banyak," kata mantan Menko Polhukam ini.

Wiranto lalu disinggung mengenai persiapan Pemilu 2024. Dia hanya mengatakan masih kerja sebagai Ketua Wantimpres.

"Persiapan apa saya masih kerja di sini," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Hanura

Februari lalu, Politikus Partai Hanura, Inas Nasrullah Zubir mengaku baru mendengar kabar soal kabar Mantan Ketua Umum Hanura Wiranto bergabung ke PAN.

Inas menyebut pihaknya merasa kehilangan sosok Wiranto. “Sebagai kader Hanura yang pernah dibesarkan oleh Pak Wiranto, tentu akan merasa kehilangan tokoh besar yang telah berjasa mendirikan Partai Hanura," kata Inas kepada wartawan, Kamis (16/2/2023).

Menurutnya, PAN beruntung memiliki Wiranto yang merupakan sosok negarawan yang diakui.

"Merupakan keberuntungan luar biasa bagi PAN ketika pak WIRANTO melego jangkarnya untuk berlabuh di partai besutan Zulkifli Hasan tersebut, karena akan menambah kekuatan politik PAN," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mengungkapkan akan ada mantan ketua umum partai politik yang akan bergabung ke partainya. Tokoh tersebut adalah purnawirawan yang juga masih menjabat di pemerintahan.

"Yang mantan ketum ini Insyaallah betul ya. Sekarang beliau di pemerintahan, purnawirawan. Iya akan diperkenalkan secara langsung oleh Bang Zulhas di acara Rakornas," kata Yandri di Gedung DPR Senayan, Rabu (15/2/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.