Sukses

Jokowi Datangi Petani yang Sedang Panen, Cek Langsung Harga Gabah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendadak mendatangi para petani di Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin (6/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendadak mendatangi para petani di Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin (6/3/2023). Hal itu dilakukan Jokowi disela-sela rangkaian kunjangan kerjanya ke Kabupaten Bandung.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, usai meninjau Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq, Kabupaten Bandung, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan kembali menuju Kota Bandung.

Di luar agenda yang direncanakan, ketika melintasi Jalan Lingkar Baru Soreang, Jokowi meminta berhenti saat melihat sejumlah petani yang sedang memanen padi.

Dia pun turun dari mobil dan menghampiri para petani tersebut untuk berbincang sejenak sambil mengecek langsung kondisi padi yang dipanen saat itu.

"Berapa harga gabah basah, berapa harga gabah kering, udah tadi ketemu dan masih tinggi," jelas Jokowi dalam keterangannya, Senin.

Dia menyebut bahwa harga gabah kering yang diungkapkan oleh petani tersebut yakni berada di angka Rp6.000 per kilo. Jokowi menilai harga tersebut masih tergolong baik.

"Ya baik dong kalau enam ribu (Rupiah), hanya dikejar oleh harga pupuk yang tinggi yang dikeluhkan," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aspirasi Petani

Selain soal harga gabah, petani juga menyampaikan aspirasinya soal kesulitan mereka dalam mendapatkan pupuk. Ani, misalnya, menilai harga pupuk saat ini masih tergolong mahal.

"Pupuknya susah, baru-baru sekarang ada lagi, lagi mahal pupuknya," ujar Ani.

Setelah berbincang dengan para petani, Jokowi pun melanjutkan perjalanan menuju Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Kota Bandung untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.