Sukses

Bertolak ke Jepang, Ma'ruf Bawa Misi Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dan Keuangan Syariah

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, dan rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja ke Osaka, Jepang, Minggu (5/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, dan rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja ke Osaka, Jepang, Minggu (5/3/2023).

Dalam kunjungan ini, Ma'ruf membawa misi meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Selain Osaka, Ma'ruf juga diagendakan melakukan kunjungan ke Kyoto, wilayah yang penah menjadi Ibu Kota Jepang selama 1.000 tahun dan berperan sebagai pusat politik dan budaya.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Wakil Presiden, Ma'ruf dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, menuju Bandara Internasional Kansai, Osaka, dengan menggunakan pesawar Garuda Airbus A330 pukul 08.30 WIB. Dia dijadwalkan tiba di Osaka, pukul 17.30 Waktu Setempat.

Kedatangan Ma'ruf akan disambut oleh Duta Besar RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, Konsul Jenderal RI Osaka Diana Emilla Sari Sutikno, Atase Pertahanan RI Tokyo Kol. (AF) Andi Bur Abadi dan Dubes Tsutomu Himeno.

Ma'ruf direncanakan mengawali kegiatan kunjungannya pada Senin, 6 Maret 2023, dengan melakukan pertemuan dengan Chairman Ezaki Glico Co di Hotel Imperial.Selanjutnya, dia akan meresmikan Masjid Istiqlal Osaka.

Kemudian, dia akan melakukan Dialog Kebangsaan di Peacock West Room, Hotel Imperial pada Senin malam hari. Dialog Kebangsaan ini merupakan pertemuan antara Wapres dengan para warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Wilayah Kansai.

Ma'ruf akan melakukan pertemuan singkat dengan jajaran Pimpinan Otsuka Foods Co. Ltd di Hotel Imperial, Selasa 7 Maret 2023. Lalu, dia diagendakan melalukan Dialog dengan Diaspora Produk Halal secara virtual.

Di hari yang sama, Wapres didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan meninggalkan Hotel Imperial Osaka menuju Hotel The Mitsui Kyoto, untuk melakukan serangkaian agenda kegiatan di kota tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas soal Syariah

Pada hari ketiga kunjungan kerja atau Rabu, 8 Maret 2023, Ma'ruf akan menerima audiensi Gubernur Kyoto di Kyoto Guest House. Usai acara itu, dia diagendakan memberikan Kuliah Umum di Symposium Hall, Kyoto University.

Acara ini akan dihadiri oleh Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang Komisariat Kyoto-Shiga (PPI Kyoto-Shiga), akademisi, perawat, dan kelompk nahdiyyin.

Ma'ruf juga akan menyaksikan penandatanganan Letter of Intent (LOI) antara Komisi Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Kyoto University terkait Kerja Sama Keuangan Syariah. Setelah itu, dia direncanakan melakukan pertemuan dengan Presiden Kyoto University, di Kyoto University.

Usai melaksanakan serangkaian kegiatan selama kunker di Osaka dan Kyoto, Ma'ruf Amin kembali ke Jakarta, dari Bandara Kansai, Osaka, Kamis, 9 Maret 2023. Dengan menggunakan pesawat Garuda Airbus A330, Wapres diagendakan tiba di Jakarta sekitar pukul 16.20 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.