Sukses

Kodim 0508/Depok Usut Video Viral Diduga Oknum TNI Pukul Warga di Toko Buah

Kodim 0508/Depok masih melakukan penyelidikan terkait video viral yang memperlihatkan orang berseragam diduga oknum TNI memukul dan menendang warga di sebuah toko buah.

Liputan6.com, Depok - Kodim 0508/Depok bergerak cepat menelusuri video viral diduga oknum anggota TNI memukul dan menendang seorang warga. Aksi penganiayaan tersebut terjadi di toko buah Jalan akses Tol Cimanggis-Cikeas, Kecamatan Tapos, Kota Depok pada Selasa (28/2/2023) lalu.

Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan mengatakan, pihaknya sedang menggali dan mendalami terkait kebenaran video tersebut. Kodim 0508/Depok akan memastikan terlebih dahulu tentang video yang viral.

“Hingga saat ini kami masih menggali dan mendalami terkait kebenaran video yang viral tersebut,” ujar Elvino, saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (1/3/2023).

Pihaknya belum dapat menyimpulkan dan perlu keterangan lebih mendalam terkait dugaan oknum TNI memukuli warga. Berdasarkan narasi pada video yang viral, dia menyebut korban bukan pegawai toko buah.

“Yang korban bukan pegawai toko, kan yang naik motor,” ucap Elvino.

Kodim 0508/Depok, akan mencari tahu dan memastikan kesatuannya apabila pelaku adalah oknum TNI. Dia belum dapat berkomentar lebih dalam dkarena masih penyelidikan.

“Apakah itu oknum anggota TNI AD atau oknum anggota TNI satuan lainnya, apabila benar siapa oknum anggota TNI,” ucap Elvino.

Dia memastikan, apabila pelaku adalah oknum TNI, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada hukum yang berlaku.

“Nanti kita percayakan kepada hukum dan keputusan dari pimpinan ya,” tegas Elvino.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Diduga Oknum TNI Pukuli Warga di Depok

Sebelumnya, Salah seorang warga, Andri mengaku sempat melihat pria diduga oknum TNI memukuli seorang pria di toko buah. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu sore, 28 Februari lalu. Andri sempat mendekati lokasi tersebut dengan niatan ingin memisahkan keributan. 

"Diduga oknum TNI karena seragamnya loreng lengkap," ujar Andri, Rabu (1/3/2023). 

Andri menjelaskan, sempat menduga pria yang dipukuli diduga oknum TNI adalah pelaku pencurian. Namun setelah diketahui bahwa keributan tersebut berawal dari permasalahan di jalan, Andri menghentikan niatnya karena oknum TNI terus memukuli dan sempat menendang korban. 

"Saya enggak jadi, lihat dari motor aja. Ngeri juga takut kena sasaran amukan," tutur Andri. 

Awalnya pemukulan berada di depan toko buah, lalu korban merangsek ke dalam toko. Sejumlah pukulan dan tendangan dilakukan oknum TNI hingga beberapa orang berusaha memisahkan. 

"Akhirnya ada yang memisahkan. Beberapa orang dari seberang jalan berdatangan misahin,” ucap Andri.

Diduga oknum TNI tersebut kesal lantaran motor korban menyenggol mobil yang tengah dibawanya. Saat itu, dia sedang berkendara bersama perempuan yang diduga istrinya.

"Serempetan di jalan, tidak terima lalu terjadi aksi pemukulan," jelas Andri. 

Video pemukulan yang diduga dilakukan oknum TNI ini sempat diunggah akun @Majelis Kopi08. Video berdurasi 22 detik tersebut memperlihatkan diduga oknum TNI memukuli korbannya di toko buah Jalan Akses Tol Cimanggis-Cikeas, Kecamatan Tapos. 

Kapolsek Cimanggis, Kompol Arief Budiharso membenarkan video tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Tapos. Namun pelakunya belum diketahui, sebab korban belum memberikan laporan ke Polsek Cimanggis. 

"Kejadiannya kemarin sore, kami lagi koordinasi dengan Koramil untuk mencari kepastiannya," ujar Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.