Sukses

Mengentaskan Kemiskinan di Jateng, Ganjar Pranowo Dianggap Terus Berinovasi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus berupaya mengentaskan kemiskinan di wilayahnya.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus berupaya mengentaskan kemiskinan di wilayahnya.

Mulai dari menghadirkan program Serat Kartini, agar perempuan bisa bersekolah dan Ceting Ketan, salah satu upaya menghadapi stunting.

Terkait hal tersebut, pengamat politik Lucius Karus memuji langkah Ganjar terus berinovasi dan tak diam dalam mengentaskan kemiskinan di Jateng.

"Inovasi Ganjar bisa dibaca dalam konteks ini, yakni ikhtiar untuk konsisten menurunkan angka kemiskinan," kata dia, Rabu (3/1/2023).

Lucius memandang, Politikus PDIP itu menunjukkan kualitas kepemimpinannya dengan memilih untuk memfokuskan kebijakan pada kelompok masyarakat rentan seperti disabilitas, perempuan dan anak.

"Pilihan prioritas ini sangat mungkin bukan sekedar untuk.menggenjot target penurunan angka kemiskinan semata tetapi juga ekspresi kepedulian sebagai seorang pemimpin daerah," ungkap dia.

Meskipun perubahan positif tidak langsung terlihat secara besar-besaran dalam waktu singkat, namun Lucius menyebut setiap langkah kecil menuju penurunan kemiskinan harus selalu diapresiasi.

"Karena itu pemimpin dituntut untuk inovatif, kreatif dan responsif. Inovasi Ganjar bisa dibaca dalam konteks ini, yakni ikhtiar untuk konsisten menurunkan angka kemiskinan. Walau tak langsung berdampak besar seketika, tetapi perubahan positif selalu harus menjadi ruang penuh harapan untuk berjuang," ujar Lucius.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Lirik Ganjar Jadi Capres 2024

Partai Amanat Nasional (PAN) tak lagi memprioritaskan Zulkifli Hasan untuk diusung sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

"Kalau (memprioritaskan untuk diusung sebagai bakal) capres sudah enggak," kata Wakil Sekretaris Jenderal PAN Fikri Yasin di Jakarta, Selasa, (28/3/2023).

Menurut Fikri, kini partainya akan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

"Karena tadi, nilai skor tertinggi (dukungan) kami, Ganjar. Kan enggak mungkin kami mau menabrak fakta itu, kemudian kami paksakan (mengusung) Bang Zul," kata Fikri.

Ia pun mengatakan aspirasi dari dewan pimpinan PAN di berbagai daerah dan wilayah menginginkan sejumlah tokoh untuk diusung sebagai bacapres partai tersebut, namun setelah diakumulasikan, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh dukungan tertinggi.

"Kami minta suara daerah-daerah, kepada wilayah, mereka menyampaikan itu. Masing masing wilayah itu berbeda, kami akumulasikan, tertinggi di internal kami adalah Ganjar," kata Fikri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.