Sukses

Dampak Hujan Guyur Jakarta, Satu Pohon Timpa Rumah di Cipinang Melayu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan, satu pohon jenis angsana tumbang di Jalan H Amsir RT004/RW002, Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta timur pada Jumat (24/02/2023).

Liputan6.com, Jakarta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan, satu pohon jenis angsana tumbang di Jalan H Amsir RT004/RW002, Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta timur pada Jumat (24/02/2023).

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menyampaik, pohon tumbang disebabkan oleh angin kencang disertai hujan dengan intensitas deras yang mengguyur wilayah Ibu Kota sejak Kamis 23 Februari 2023 malam.

Isnawa menyebut pohon angsana itu tumbang sekitar pukul 00.10 WIB. Penanganan awal baru dilakukan 08.00 WIB dan selesai ditangani pada pukul 10.45 WIB, Jumat (24/2/2023).

Pohon tumbang menimpa satu unit rumah warga yang dihuni tiga anggota keluarga. Selain itu, pohon tumbang juga menimpa satu unit jembatan. Kendati demikian, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Total kerugian akibat kejadian pohon tumbang ini mencapai Rp70 juta dengan rincian rumah tinggal Rp30 juta dan jembatan sekitar Rp40 juta.

Adapun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diturunkan di lokasi kejadian antara lain dua unit Damkar, satu unit TRC BPBD DKI Jakarta, anggota Polri, Satpol PP, Dinas Kehutanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta dan PPSU Kelurahan Cipinang Melayu.

Selain itu, 10 personel Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakarta Timur dengan dukungan dua unit mobil light rescue juga dikerahkan mengatasi pohon tumbang.

Sebelumnya, Isnawa mengatakan, BPBD DKI Jakarta menyiagakan petugas untuk berjaga di lokasi rawan banjir di Ibu Kota.

"Dari tadi malam petugas BPBD sudah turun ke lapangan ke lokasi-lokasi rawan banjir termasuk jalan protokol," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, Jumat (24/02/2023).

Isnawa menyampaikan bahwa sejak tadi malam, sekitar 40 orang petugas selain petugas piket 24 jam di BPBD telah disebar ke semua wilayah administrasi di Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prakiran Cuaca Sudah Disampaikan Secara Masif

Sejauh ini, Isnawa menyatakan tidak ada warga yang diungsikan ke lokasi pengungsian akibat banjir. Selain itu, kata Isnawa informasi prakiraan cuaca yang melanda Ibu Kota telah disampaikan secara masif.

"Prediksi hujan sedang sampai dengan lebat sudah diinformasikan BMKG dan sudah kami infokan juga ke publik melalui akun-akun sosmed BPBD," ujar Isnawa.

Isnawa menjelaskan bahwa titik genangan dapat ditangani dengan cepat hingga surut. Saat ini, lanjut dia pihaknya terus mengoptimalkan sarana dan prasarana (sarpras) di lapangan sebagai upaya antisipasi banjir.

"BPBD dan dinas terkait terus mengoptimalkan sarpras yang ada. Mobil pompa stasioner, tim pohon tumbang, PPSU dan tim teknis terus kami koordinasikan melalui Pusdalops dan command centre 112 BPBD," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.