Sukses

Jakarta Diguyur Hujan Sejak Malam, Sejumlah Wilayah di Jakbar dan Jakut Alami Genangan

Pos Angke Hulu posisi tinggi muka airnya berada pada 220 cm dengan cuaca gerimis di sekitar lokasi. Untuk Pos Sunter Hulu, tinggi muka air berada pada 150 cm dengan kondisi sekitar gerimis.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta sejak Kamis (23/2) hingga Jumat (24/2) pagi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, kondisi tinggi muka air di pintu air Pos Pasar Ikan-Laut, Pos Angke Hulu, dan Pos Sunter Hulu siaga tiga pada pukul 08.00 WIB.

Dilansir dari laman BPBD DKI Jakarta bpbd.jakarta.go.id, posisi tinggi muka air di Pos Pasar Ikan-Laut berada pada 180 cm dengan cuaca mendung di sekitar lokasi.

Sedangkan Pos Angke Hulu posisi tinggi muka airnya berada pada 220 cm dengan cuaca gerimis di sekitar lokasi. Untuk Pos Sunter Hulu, tinggi muka air berada pada 150 cm dengan kondisi sekitar gerimis.

Sementara itu, ketinggian muka air di 9 pos pemantauan lainnya di sekitaran Jakarta berada pada status normal.

Tak hanya itu, BPBD juga mencatat adanya genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta. Hingga pukul 06.00 WIB, genangan terjadi di enam ruas jalan dan 4 RT. Adapun data wilayah terdampak yang masih tergenang adalah sebagai berikut:

 

1. Jakarta Timur terdapat 2 RT yang terdiri dari:

Kel. Cakung Timur

- Jumlah: 2 RT

- Ketinggian: 20 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi

 

2. Jakarta Utara terdapat 1 RT yang terdiri dari:

Kel. Marunda

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 25 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi

 

3. Jakarta Barat terdapat 1 RT yang terdiri dari:

Kel. Tegal Alur

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 30 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi

 

Jalan Tergenang terdapat 6 ruas jalan:

1. Jl. Sungai Begog, Kel. Semper Timur Kec. Cilincing, Jakarta Utara. Ketinggian: 20 cm

 

2. Jl. Madya Kebantenan RT 06/02, (Depan Kantor Kelurahan Semper Timur) Kel. Semper Timur, Kec. Cilincing, Jakarta Utara *Sempat surut pukul 12:30 WIB dan kembali tergenang pukul 23:03 WIB. Ketinggian: 15 cm

 

3. Jl. Kramat Raya, Kel. Tugu Utara, Kec. Koja, Jakarta Utara *Sempat surut pukul 12:40 WIB dan kembali tergenang pukul 22:37 WIB. Ketinggian: 10 cm

 

4. Jl. Raya Cilincing, Kel. Kali Baru, Kec. Cilincing, Jakarta Utara *Sempat surut pukul 12:35 WIB dan kembali tergenang pukul 23:30 WIB. Ketinggian: 10 cm 

 

5. Jl. Basoka Raya III RT004/RW006, Kel. Joglo, Kec.Kembangan, Jakarta Barat

Ketinggian: 15 cm

 

6. Jl. Lingkungan III, Rt.03, 015/03, Kel. Tegal Alur, Kec. Kalideres, Jakarta Barat Ketinggian: 20 cm

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Genangan Secepatnya Surut

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan dengan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," kata Isnawa.

Isnawa juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. 

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop," katanya.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.