Sukses

Prabowo Dampingi Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Menhan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Jokowi memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah, Selasa (21/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah, Selasa (21/2/2023). Bantuan diberangkatkan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Ini merupakan bantuan tahap ketiga berupa logistik. Bantuan seberat 140 ton ini dikirimkan dengan menggunakan empat pesawat masing-masing dua pesawat untuk tiap negara.

"Pada pagi hari ini mendampingi Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan bantuan pemerintah Republik Indonesia untuk Turkiye dan Suriah, berisi 140 ton bahan makanan," kata Prabowo dikutip dari siaran persnya, Selasa (21/2/2023).

"4 pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI AU yang sudah berada di sana sejak awal pasca gempa," sambungnya.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mengirim Tim SAR, Tim Medis, dan rumah sakit lapangan yang sudah lebih dulu berangkat ke titik lokasi gempa di Turki dan Suriah. Pemerintah Indonesia berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi korban benca gempa bumi di Turki dan Suriah.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah RI dari Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu, 11 Februari 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan untuk Gempa Turki Dibawa 2 Pesawat

Misi tersebut dibawa dengan 2 pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personel Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Kemhan RI dan TNI AU juga mengirimkan perbantuan Pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan.

Selain Prabowo, turut mendampingi Jokowi saat melepas keberangkatan, Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto serta Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gempa Turki terjadi pada 6 Februari 2023 dengan kekuatan 7.8 sr (skala richter).
    Gempa Turki terjadi pada 6 Februari 2023 dengan kekuatan 7.8 sr (skala richter).

    Gempa Turki