Sukses

Layanan Eazy Passport di Kantor Imigrasi Tangerang Kembali Dibuka, Ada Layanan Jemput Bola

Layanan Eazy Passport di di Kantor Imigrasi Tangerang hanya diperuntukan bagi permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku atau halaman penuh.

Liputan6.com, Jakarta Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang kembali membuka layanan Eazy Passport. Kali ini berlokasi di Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan II Cikokol Kota Tangerang.

Setidaknya, dari 29 pengajuan paspor, ada sembilan paspor merupakan paspor baru. Kemudian 20 orang adalah paspor penggantian.

Keperluan pembuatan paspornya pun bermacam, ada yang buat Haji/Umrah dan lainnya.

"Eazy Passport merupakan layanan paspor kolektif yang dilaksanakan di luar kantor imigrasi untuk perkantoran pemerintah atau swasta, Institusi pendidikan, komunitas atau organisasi dan perumahan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Rakha Sukma, Rabu (8/2/2023).

Layanan jemput bola ini menjanjikan kemudahan pembuatan paspor bagi masyarakat. Untuk pengajuannya, perwakilan bisa datang langsung atau bersurat melalui pos maupun e-mail ke kantor imigrasi kelas I Tangerang.

Kemudian, untuk jadwal kegiatannya dilaksanakan sesuai dengan urutan antrean pengajuan.

"Layanan Eazy Passport ini hanya diperuntukan bagi permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku atau halaman penuh," kata Rakha.

Sedangkan bagi masyarakat yang paspornya rusak atau hilang tetap harus datang ke kantor imigrasi untuk melakukan penggantian paspor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kantor Imigrasi Jakpus Hadirkan Laskar Plangi, Buat Paspor Cepat di Plaza Semanggi

Sementara itu, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat menyajikan solusi tepat bagi masyarakat yang ingin membuat paspor pada Sabtu dan Minggu. Yaitu dengan menghadirkan Layanan Percepatan Walk in Paspor Sabtu Minggu di Plaza Semanggi (LASKAR PLANGI).

Pelayanan tersebut mulai diberlakukan hari ini, Sabtu (4/2/2023) dengan paspor percepatan sebanyak 50  kuota secara walk in atau datang langsung dengan membawa dokumen persyaratan paspor. Jenis paspor yang tersedia pada layanan ini adalah paspor biasa, baik baru maupun penggantian karena habis berlaku atau halaman penuh.

"Bagi masyarakat yang ingin mengajukan penggantian paspor hilang atau rusak, harus tetap datang ke kantor imigrasi pada hari dan jam kerja," kata Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Wahyu Hidayat dalam keterangannya, Sabtu (4/2/2023).

Adapun biaya layanan percepatan paspor ini tentunya berbeda dengan layanan bisa, dimana ada penambahan biaya sebesar Rp. 1.000.000 yang dapat dibayarkan melalui bank, ATM ataupun marketplace seperti Tokopedia.

"Penambahan biaya ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak," ujar dia.  

Diharapkan dengan adanya layanan ini, kebutuhan masyarakat untuk membuat paspor dengan cepat dapat terakomodir.

"Kami akan terus berusaha meningkatkan kinerja guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tutup Wahyu.

3 dari 3 halaman

Sangat Membantu Masyarakat

Salah satu pemohon yang datang hari ini, Santi, mengungkapkan bahwa LASKAR PLANGI sangat membantunya. Dirinya dapat membuat paspor tanpa mengganggu waktu kerjanya.

“Kebetulan saya butuh paspor untuk perjalanan dinas keluar negeri minggu depan dan tidak sempat buat saat jam kerja. Hari ini saya bisa buat paspor tanpa harus cuti dan paspornya pun langsung jadi," ujar Santi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.