Sukses

Polisi: 7 Pelaku Pelemparan Bus Persis Solo di Tangerang Ingin Balas Dendam

Polisi ungkap motif pelemparan bus Persis Solo seusai pertandingan kontra Persita Tangerang, di Jalan Raya Legok Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, pada Sabtu, 28 Januari 2023 sore.

Liputan6.com, Jakarta Polisi ungkap motif pelemparan bus Persis Solo dengan batu seusai pertandingan kontra Persita Tangerang, di Jalan Raya Legok Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, pada Sabtu, 28 Januari 2023 sore.

Ketujuh tersangka ini adalah MR (23), HK (19), IA (19), FS (21), MFM (22), DG (24) dan GR (18).

"Tujuh orang oknum pendukung Persita Tangerang ini sudah ditetapkan sebagai tersangka, dari mereka mengaku balas dendam atas pertandingan Persita Tangerang yang pernah bertanding di Solo," ungkap Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Faisal Febrianto, Senin (30/1/2023).

Sebab waktu bertanding di Solo, ketujuh tersangka ini mengaku, ada kegiatan sweeping yang dilakukan suporter Persis Solo. Hingga akhirnya, pada saat mereka bertanding di Tangerang, melakukan pembalasan dengan cara melempar bus yang ditumpangi kesebelasan dan official Persis Solo.

"Makanya, pada saat sebelum melakukan penyerangan mereka sempat berkumpul, yaitu 2 orang atas nama MR dan HK. Jadi memang sudah merencanakan," tutur Faisal soal pelemparan bus Persis Solo.

Barulah, pada saat bus yang ditumpangi para pemain dan official tersebut sudah berjalan keluar stadion Indomilk, terjadi penyerangan tersebut. Hingga akhirnya membuat kaca jendela bus pecah dan melukai seorang official Persis Solo.

"Atas perbuatan ketujuhnya, dikenakan Pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 5 tahun 6 bulan," ujar Kapolres. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilarang Masuk Stadion Seumur Hidup

Panitia pelaksana Persita dan juga Stadion Indomilk, Kabupaten Tangerang memberi sanksi tak boleh masuk stadion kepada 7 tersangka penimpukan batu ke bus yang ditumpangi pemain dan official Persis Solo.

Ketua Panitia Pelaksana Officer Persita Tangerang Tommy Kurniawan mengatakan, tujuh pelaku pelemparan batu itu, merupakan oknum suporter Persita Tangerang. Alhasil, dijatuhkan sanksi dengan larangan seumur hidup menonton bola di Stadion Indomilk Arena.

"Kita sudah berikan hukuman ke suporter (pelaku), dengan larangan masuk stadion seumur hidup, dan pajang foto mereka di area stadion sebagai pelaku pelemparan," kata Tommy di Mapolres Tangsel, Senin (30/1/2023).

Bukan cuma di Stadion Indomilk Arena Tangerang, tapi tujuh pelaku itu juga akan dicekal di seluruh stadion.

3 dari 3 halaman

Jera

Hal ini sebagai bentuk pemberian jera, kepada para pelaku anarkisme.

"Untuk sementara kita melakukan larangan di Stadion Indomilk dulu, ke depan kita koordinasi dengan tim Liga 1 untuk berikan info terkait para tersangka ini direkomendasikan, larangan nonton di stadion seluruh Indonesia," ujar Tommy.

Bus yang berisikan pemain dan tim officer Persis Solo mendapatkan serangan dari para supoter bola di Jalan Raya Legok, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang pada Sabtu, 28 Januari 2023. Pelemparan terjadi usai Persis Solo bertanding dengan Persita Tangerang di Stadion Indomilk Arena.

Serangan itu berupa aksi pelemparan batu hingga menyebabkan kaca bus Persis Solo pecah, dan satu officer mengalami cedera tangan akibat terkena serpihan kaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.