Sukses

Buka Anniversary Street Race Bareng Heru Budi, Kapolda Metro Harap Dapat Tekan Balap Liar

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Fadil Imran resmi membuka acara perayaan Street Race Polda Metro Jaya yang genap berusia satu tahun di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Fadil Imran resmi membuka acara perayaan Street Race Polda Metro Jaya yang genap berusia satu tahun di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023).

Fadil menyampaikan bahwa Street Race Polda Metro Jaya bukan sekedar perlombaan balap semata. Di hadapan Heru Budi dan pihak terkait lainnya, dia menyebut Street Race Polda Metro Jaya mempunyai tujuan untuk dapat menekan balap liar di jalan-jalan umum seperti di DKI Jakarta.

"Ini syiar kita Pak Gubernur, stop trek-trekan dan blokir jalan umum," kata Fadil.

Fadil menilai para pemotor yang menyukai balapan butuh difasilitasi lintasan khusus balap. Terbukti, dari banyaknya peserta yang mengikuti Street Race Polda Metro Jaya, dimana tercatat ada 1.200 peserta yang berpartisipasi.

"Mudah-mudahan semakin hari, model-model balap liar yang mengganggu, kemudian menyebabkan kecelakaan sampai dengan kematian kepada generasi muda ini bisa terus kita kurangi," ungkapnya.

Dia berharap ke depan ada kolaborasi antarpihak untuk mewujudkan arena khusus street race di Ibu Kota. Ihwal tersebut, Fadil mengaku telah membahasnya secara langsung dengan Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Jaya Ancol.

"Ini adalah bentuk ikhtiar kita. Saya tidak ingin memberikan Janji manis untuk teman-teman. Tapi percayalah saya akan terus memperjuangkan agar teman-teman memiliki memiliki lintasan khusus untuk latihan yang dapat digunakan setiap hari yang memiliki standar keamanan yang baik," kata Fadil.

Adapun pada Anniversary Street Race Polda Metro Jaya di Kemayoran ini ditampilkan drag bike 500 meter. Selain itu juga terdapat kegiatan lain seperti kontes modifikasi motor, motor freestyle, bazar otomotif, UMKM, dan pentas seni Betawi serta musik festival untuk memeriahkan street race.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti Peserta dari Luar Jawa

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan para peserta yang mengikuti street race tahun ini juga berasal dari luar Pulau Jawa. Mereka datang dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Bali, Banten, NTT, hingga Sumatera Barat.

"Dimulai dari pendaftaran yang dilakukan secara online lewat aplikasi, rekor hingga pada event kali ini peserta yang mendaftar tidak hanya dari Pulau Jawa tapi dari seluruh Indonesia ada 19 peserta dari seluruh provinsi," kata Latif.

Latif menjelaskan street race dihelat selama tiga hari dan sudah dimulai sejak Jumat, 27 Januari 2023. Street race bakal berlangsung hingga Minggu, 29 Januari 2023.

"Para pengunjung dikasih kesempatan untuk mencoba moge jenis BW dan Harley Davidson milik Dirlantas, serta edukasi safety riding oleh pelatih dan asisten pelatih di Polda Metro Jaya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.