Sukses

Densus 88 Dalami Keterkaitan Jaringan Teroris yang Ditangkap di Jogja dan Jakarta

Densus 88 Antiteror Polri masih mendalami keterkaitan antara jaringan terduga teroris yang ditangkap di Jakarta, Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri masih mendalami keterkaitan antara jaringan terduga teroris yang ditangkap di Jakarta, Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa hari ini. 

"Masih didalami oleh penyidik," kata Kabag Banops Densus 88 Antiteror, Kombes Aswin Siregar, Jakarta, Senin 23 Januari 2023.

Kendati demikian, dia menegaskan, aksi terorisme itu dilakukan oleh jaringan teroris.

"Pada dasarnya terorisme adalah sebuah aksi yang dilakukan oleh jaringan," ujar Aswin.

Sebelumnya, Densus 88 mengamankan seorang terduga teroris. Kali ini, penangkapan dilakukan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, penangkapan terduga teroris ini dilakukan pada Minggu 22 Januari 2023 sekitar pukul 06.00 WIB.

"Pada hari ini Minggu, 22 Januari 2023 pukul 06.00-09.00 WIB telah dilakukan penangkapan terhadap 1 orang target tindak pidana terorisme berinisial AW (39)," kata Ramadhan dalam keterangannya, Minggu (22/1).

Ramadhan menjelaskan, keterlibatan AW merupakan simpatisan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang aktif memposting gambar dan video propaganda ISIS di media sosial.

"Serta memposting seruan provokatif untuk melakukan aksi teror," jelasnya.

Jenderal bintang satu ini menyebut, keinginan AW diketahui ingin melakukan aksi teror dengan menggunakan bahan peledak.

"Adanya keinginan melakukan aksi teror dengan menggunakan bahan peledak," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penangkapan Teroris di Jakarta dan Tangerang

Tiga terduga teroris ditangkap Tim Densus 88 Antiteror Polri. Penangkapan dilakukan di dua wilayah berbeda yakni Jakarta dan Tangerang Selatan.

Hal itu dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

"Pada hari Jumat tanggal 20 Januari 2023 telah dilakukan penangkapan terhadap tiga tersangka tindak pidana terorisme," tutur Ahmad kepada wartawan, Jumat 20 Januari.

Para terduga teroris tersebut adalah AS dari jaringan Negara Islam Indonesia (NII) ditangkap di Jakarta Utara, ARH ditangkap di Jakarta Selatan, dan SN ditangkap di Tangerang Selatan, Banten.

"Kedua dan ketiga adalah DPO penangkapan Maret 2021 kelompok ormas yang sudah dibubarkan di Condet, yang berencana melakukan pembuatan bom dan akan digunakan dalam aksi teror, namun berhasil digagalkan pada tahun 2021," jelas dia.

Adapun diketahui kelompok ormas yang telah dibubarkan tersebut adalah Front Pembela Islam (FPI). Ahmad belum merinci lebih jauh perihal operasi penangkapan terduga teroris tersebut.

"Perkembangan nanti di-update kembali," kata Ahmad.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.