Sukses

Polri Beri Trauma Healing pada Malika: Dirawat Sampai Sembuh Fisik dan Psikisnya

Polri memberikan perawatan medis hingga trauma healing kepada Malika (6), bocah yang dibawa kabur dengan menggunakan bajaj dari kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Malika telah berhasil ditemukan di Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Polri memberikan perawatan medis hingga trauma healing kepada Malika (6), bocah yang dibawa kabur dengan menggunakan bajaj dari kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Malika telah berhasil ditemukan di Tangerang.

“Langsung ditangani oleh Rumkit Bhayangkara untuk berikan trauma healing, perawatan fisik dan psikis sampai sembuh,” tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (3/1/2023).

Dedi menyebut, seluruh biaya perawatan ditanggung oleh Polri sesuai dengan perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Dirawat sampai sembuh fisik dan psikisnya. Semua biaya perawatan dibiayai oleh Polri. Untuk pihak keluarga tetap tenang. Dan proses penyidikan tetap menjadi atensi pimpinan untuk ditindaklanjuti sampai tuntas,” jelas dia.

Sejauh ini, lanjut Dedi, kondisi Malika secara umum terbilang stabil. Ada sejumlah rencana perawatan yang akan dilakukan demi pemulihan lebih jauh.

“Setelah nanti assessment dari tim dokter layak dan sehat, bisa dikembalikan ke orang tua segera, nanti dikoordinasikan, dikomunikasikan ke orang tua,” Dedi menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolaborasi

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, kasus dugaan penculikan bisa terungkap berkat kolaborasi antara polisi dengan masyarakat. Komarudin mengatakan, masyarakat melihat kemiripan foto-foto yang disebar dengan seseorang kerap berseliweran di kawasan Tangerang.

Foto-foto beserta identitas pelaku penculikan sebelumnya memang telah disebarluaskan melalui media. Sedari awal, tim juga dibentuk untuk menelusuri jejak terduga penculik. Salah satu tim ditempatkan di kawasan Tangerang.

"Alhamdulillah setelah dilakukan penyisiran dari Cipadu, terduga pelaku penculikan bersama korban berhasil ditemukan di Jalan Wahid Hasyim Tangsel," kata dia dalam keterangannya, Selasa (3/1/2023).

Komarudin menerangkan, Malika dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati guna menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Mengingat, korban dugaan penculikan sudah cukup lama bersama-sama terduga pelaku.

Apalagi, korban ditemukan di sebuah gerobak yang dibawa oleh pelaku pada Senin, 2 Januari 2023 malam.

"Kita serahkan kepada tim medis, termasuk juga untuk dari psikiater nanti kita hadirkan untuk memulihkan. Sementara ini memang kita serahkan kepada tim dokter, untuk memeriksa lebih lanjut," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Pemeriksaan Tersangka

Sementara itu untuk terduga penculik Iwan Sumarno (42) alias Jacky alias Yudi alias Herman akan menjalani pemeriksaan intensif di Polres Metro Jakarta Pusat.

Pengakuan sementara, terduga penculik mengajak korban mengumpulkam barang-barang bekas dari satu tempat ke tempat lain.

"Saat ini masih kita kembangkan. Kita mintai keterangan motif dari pelaku membawa korban sampai dengan hari ini," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.