Sukses

Tinjau Pasar Tanah Abang Bersama Jokowi, Heru Budi Optimis Ekonomi Jakarta Tumbuh di 2023

Heru mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan segala kegiatan perekonomian di Ibu Kota berjalan dengan baik, terutama saat mengawali Tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, pada Senin (2/1/2023). Tinjauan dilakukan usai Jokowi membuka kegiatan perekonomian di Bursa Efek Jakarta.

Heru mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan segala kegiatan perekonomian di Ibu Kota berjalan dengan baik, terutama saat mengawali Tahun 2023. Heru optimis kegiatan ekonomi di berbagai pasar dapat tumbuh, sehingga taraf kehidupan warga Jakarta lebih sejahtera.

"Kami tadi bersama Presiden melihat berbagai kegiatan perekonomian dan memastikan semuanya berjalan lancar, sehingga roda perekonomian berjalan dengan baik," kata Heru dalam keterangan resminya, Senin (2/1/2023).

Heru juga mengimbau para pedagang atau pelaku usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jakarta berbenah dan berinovasi dalam berniaga. Hal ini disampaikan menyusul perkembangan teknologi digital yang semakin berkembang.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini juga mendorong warga untuk memanfaatkan teknologi berbasis digital dalam berusaha, di samping berniaga secara konvensional.

"Baik secara konvensional maupun digital, semuanya harus dioptimalkan (dalam berniaga). Untuk itu saya harap para pelaku usaha bisa terbuka dengan perkembangan teknologi," ungkap dia.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo berharap omzet atau pendapatan pedagang bisa jauh lebih baik, pasca kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut pemerintah.

"Kita harapkan muncul optimisme, (PPKM) sudah dicabut dan tadi saya bertanya ke beberapa pedagang juga menyampaikan tahun 2022 omzetnya jauh lebih baik dibanding tahun 2021. Kita harapkan 2023 juga lebih baik dari 2022," jelas Jokowi kepada wartawan usai peninjauan, Senin (2/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memantau Pergerakan Sektor Riil

Dia mengaku peninjauan ke Pasar Tanah Abang ini sengaja dilakukan untuk melihat langsung pergerakan sektor riil. Pasalnya, Tanah Abang merupakan pasar bagi produksi-produksi yang ada di daerah.

"Saya ingin melihat sektor riil itu bergerak seperti apa karena ini adalah pasar bagi produksi-produksi yang ada di daerah-daerah. Kalau disini turun berarti produksinya juga turun," ujarnya.

Jokowi menyadari bahwa 2022 bukanlah tahun yang mudah bagi para pedagang. Untuk itu, dia berharap ada optimisme dari para semua pedagang pada 2023 usai PPKM dicabut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.