Sukses

Stasiun Senen Padat, Dampak Arus Balik Nataru dan Banjir Semarang

Berdasarkan pantauan Antara, Minggu (1/1/2023), ribuan calon penumpang memadati ruang tunggu Stasiun Senen sejak siang hingga sore.

Liputan6.com, Jakarta Penumpukan calon penumpang terjadi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada hari pertama 2023 akibat arus balik Tahun Baru dan imbas banjir, yang mengenangi jalur kereta dan Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah.

Antara melansir, Minggu (1/1/2023), ribuan calon penumpang memadati ruang tunggu Stasiun Senen sejak siang hingga sore.

Salah satu calon penumpang tujuan Surabaya, Jatim, Eka mengaku sudah berada di Stasiun Pasar Senen sejak pukul 13.00 WIB karena semula kereta akan berangkat pada pukul 14.10 WIB. Namun sesampainya di stasiun, ia baru mengetahui bahwa ada keterlambatan pemberangkatan menjadi pukul 16.30 WIB.

Hal itu membuat ia bersama tiga anaknya harus bersabar menunggu hingga kereta datang.

"Besok, anak-anak mau sekolah jadi ya mau gimana, nunggu aja. Mungkin besok anak-anak izin tidak masuk sekolah karena sampai di Surabaya sekitar jam 5 pagi. Sementara biasa jam 6 sudah berangkat, jadi enggak keburu," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Galih, calon penumpang tujuan Semarang. Ia baru mengetahui ada penundaan keberangkatan setibanya di stasiun. Kendati terpaksa menunggu lebih lama lagi di Stasiun Pasar Senen, Galih mengaku tidak mempermasalahkan penundaan yang terjadi akibat musibah banjir di kota tujuannya itu.

"Selagi delay tidak sampai besok karena itu musibah bencana juga jadi nggak masalah. Kalau tadi (pemberitahuan) lewat speaker dan SMS, bisa refund 100 persen, tapi besok sudah masuk kerja," ucapnya.

Calon penumpang tujuan Jombang, Jawa Timur, Nurhasanah bersama suami dan anaknya juga terpaksa harus menunggu kedatangan kereta pukul 17.20 WIB. Mereka duduk di dekat jalur mobil lantaran banyaknya jumlah penumpang.

Meski demikian, ia memaklumi karena ini hari Minggu yang merupakan hari terakhir libur tahun baru.

"Besok, sudah sekolah dan kerja ya jadi memang ramai. Kita pilih merayakan tahun baru dulu bersama keluarga lengkap baru mengantarkan anak ke pesantren. Jadi tidak masalah harus menunggu begini," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT KAI Memohon Maaf atas Keterlambatan

 

Sementara itu, PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang terjadi sejak 31 Desember 2022 hingga Minggu pagi yang diakibatkan oleh banjir di wilayah Semarang dan sekitarnya yang menggenangi beberapa titik jalur kereta api dan Stasiun Semarang Tawang.

Saat ini, KAI tengah melakukan berbagai upaya untuk normalisasi jalur sehingga dapat dilalui kembali oleh perjalanan kereta api.

KAI menerjunkan petugas jalan rel dan jembatan untuk memperbaiki jalur yang terendam, mengerahkan sarana penolong untuk mempercepat proses penanganan dan mengoperasikan pompa-pompa air untuk mengurangi debit air yang ada di stasiun.

Untuk diketahui, data penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada Minggu, sebanyak 16.000 penumpang dan 12.500 penumpang datang di Stasiun Pasar Senen. Sedangkan jumlah kereta api yang beroperasi pada hari ini terdiri atas 32 rangkaian kereta api.

Jumlah penumpang yang berangkat tersebut naik sedikit dibandingkan, Sabtu, 31 Desember 2022 dengan jumlah sekitar 15.000 penumpang.

3 dari 3 halaman

KA yang Terdampak Banjir Semarang Hari Ini

Berikut sejumlah KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang mengalami keterlambatan dampak banjir di wilayah Semarang pada 1 Januari 2023:

Keberangkatan Stasiun Gambir

1.KA 7006 Gajayana Tambahan tujuan Malang

2.KA 7004 Muria Tambahan tujuan Semarang Tawang

3.KA 82 Taksaka tujuan Yogyakarta

4. KA 7002 Argo Sindoro tujuan Semarang Tawang

5. KA Argo Parahyangan tujuan Bandung

Keberangkatan Stasiun Pasarsenen

1.KA 7032 Kertajaya Tambahan tujuan Surabaya Pasarturi

2.KA 162 Tawangjaya Premium tujuan Semarang Tawang

3.KA 292 Bengawan tujuan Purwosari

4.KA 130 Darmawangsa tujuan Surabaya Pasarturi

5.KA 7034 Brantas Tambahan tujuan Blitar

6.KA 110 Brantas tujuan Blitar

7.KA 256A Kertajaya tujuan Surabaya Pasar Turi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.