Sukses

Menteri ATR Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Warga Desa Tambaksari

Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat redistribusi tanah sebanyak 352, yang diserahkan secara simbolis kepada 10 perwakilan warga di Desa Tambaksari, Pasuruan, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat redistribusi tanah sebanyak 352, yang diserahkan secara simbolis kepada 10 perwakilan warga di Desa Tambaksari, Pasuruan, Jawa Timur.

Diketahui, daerah tersebut telah berkonflik tanah hingga 100 tahun lantaran dianggap masuk kawasan hutan, dan baru terselesaikan saat ini.

"Ini semua berkat kerja sama yang baik dengan Kepala Desa, Pak Jatmiko, Bapak Bupati Pasuruan dan juga dukungan dari Bapak Wakil Gubernur yang hari ini mewakili Ibu Gubernur. Dan juga dukungan Kepala Kanwil BPN, termasuk Kepala Kantor Pertanahan Pasuruan dan aparat yang lainnya," kata Hadi dalam keterangannya, Kamis (29/12/2022).

Namun, setelah berproses, di tahun 2020 diketahui tanah tersebut awalnya berstatus Areal Penggunaan Lainnya (APL) dan bukan kawasan hutan.Setelah diusulkan menjadi Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), proses sertifikasi dipercepat hingga tahun ini.

Hadi menjelaskan, penyerahan sertifikat ini merupakan amanat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi, untuk bisa menyelesaikan konflik pertahanan. Karena itu, dia berharap sertifikat kini yang ada bisa disimpan.

"Jadi sertifikatnya benar-benar disimpan. Kalau perlu, pulang nanti difotokopi, yang asli disimpan di lemari, supaya kalau rusak bisa kita tukar yang asli di Kantor Pertanahan dengan bantuan Pak Kapolsek. Sehingga, apa yang diinginkan pemerintah, bahwa Bapak/Ibu mendapatkan aset dengan kepastian hukum," jelas Hadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sampaikan Apresiasi

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian ATR/BPN.

"Dengan apa yang kami saksikan hari ini, luar biasa, Pak Menteri dan Pak Wamenturun langsung untuk menyerahkan sertifikat. Kami optimis Kementerian ATR/BPN akan mengakselerasi penyelesaian konflik di Jawa Timur, bahkan Indonesia," kata dia.

Adapun acara penyerahan ini turut dihadiri oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni, Anggota Komisi II DPR RI Aminurokhman, Bupati Pasuruan Muhammad Irsyad Yusuf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.