Sukses

Koalisi yang Deklarasi Capres-Cawapres Lebih Awal Dinilai Berpotensi Raih Kemenangan

Ahmad Khoirul Umam, mewanti jika masih ada koalisi partai yang terpikir untuk mendeklarasikan figur calon wakil presidennya (Cawapres) di ujung waktu masa pendaftaran.

Liputan6.com, Jakarta - Dosen Ilmu Politik Universitas Paramadina Jakarta, Ahmad Khoirul Umam, mewanti jika masih ada koalisi partai yang terpikir untuk mendeklarasikan figur calon wakil presidennya (Cawapres) di ujung waktu masa pendaftaran, maka artinya mereka berarti kurang berpikir strategis.

“Sebab, pendeklarasian Cawapres di masa akhir akan memberikan ruang terbatas bagi calon presiden (Capres) untuk mengoptimalkan insentif elektoral yang bisa dikontribusikan oleh Cawapres pada potensi kemenangannya,” kata Umam melalui pesan singkat diterima, Minggu (25/12/2022).

Selain itu, Umam meyakini, pada saat yang sama, pendeklarasian Cawapres di tahap akhir juga akan merepotkan Capres jika ada respon negatif dari masyarakat dan serangan intens dari lawan politik.

“Dengan kata lain, deklarasi Capres-Cawapres lebih awal akan menghadirkan ruang dan waktu yang lebih terbuka bagi koalisi untuk mengokohkan sentimen positif dan memitigasi serangan mematikan dari lawan politik,” jelas Direktur Eksekutif IndoStrategic ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Kemenangan

Dia mengingatkan, masa kampanye hanyalah 75 hari. Maka potensi kemenangan lebih besar bisa diperoleh terhadap koalisi partai yang lebih cepat mendeklarasikan pasangan Capres-Cawapresnya.

“Tujuannya mengokohkan basis pemilih loyal, memitigasi serangan, dan mempengaruhi swing voters secara lebih cepat dan efektif,” Umam memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.