Sukses

Jokowi: Paling Enak Koalisi dengan Partai Hanura, Enggak Pernah Meleng dari 2014

Dukungan Partai Hanura terhadap Jokowi terus konsisten sejak Pemilu 2014. Menurut Jokowi, Konsistensi sangat penting dalam membangun negara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Partai Hanura selalu konsisten dan setia dalam berkoalisi. Jokowi pun mencotohkan Partai Hanura yang konsisten mendukungnya sejak Pilpres 2014.

"Jangan juga nanti ada partai yang penginnya koalisi dengan sana, enggak bisa masuk ke sana, ada nanti pasti ada seperti itu. Tapi paling enak koalisi itu ya dengan Hanura. Enggak tengok kanan, enggak tengok kiri," kata Jokowi dalam acara HUT ke-16 Partai Hanura di JCC Senayan Jakarta, Rabu (21/12/2022).

"Saya buktinya. Dari (Pilpres) 2014, 2019 enggak pernah meleng kemana-mana Partai Hanura. Konsistensi itu yang penting dalam membangun negara ini. Penting sekali, konsistensi," sambungnya.

Dia mengingatkan bahwa kerja keras mendapat dukungan dari para pemilih sangat dibutuhkan untuk memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu). Namun, Jokowi meyakini semangat Partai Hanura sangat tinggi untuk memenangkan Pemilu 2024.

Di sisi lain, dia meminta Partai Hanura berkontribusi agar Pemilu 2024 berjalan dengan damai dan semakin berkualitas. Jokowi tak ingin ada politisasi agama, politik SARA, dan politik identitas di Pemilu 2024.

"Tidak ada lagi nanti politisasi agama, tidak ada lagi politik SARA, tidak ada lagi politik identitas. Enggak ada, karena kita semuanya ingin pemilu 2024 itu berkualitas," ujar Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesta Demokrasi Mestinya Bikin Senang

Menurut dia, pesta demokrasi lima tahun sekali ini harus disambut dengan gembira. Oleh sebab itu, kata Jokowi, Pemilu 2024 tidak boleh menimbulkan ketegangan, kekhawatiran, dan situasi panas di tengah masyarakat.

"Ini namanya pesta demokrasi kan mestinya senang kita. Mestinya senang namanya pesta. Ini momen 5 tahunan mestinya dirayakan dengan semangat sportivitas, menjadi sebuah pertandingan politik yang sportif, yang sehat," ungkap dia.

"Para pemainnya harus menunjukan permainan yang terbaik, dengan adu gagasan, dengan adu ide, dan rakyat tinggal memilih siapa yang ingin dipilih," imbuh Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.