Sukses

Jelang Natal 2022, Dishub DKI Jakarta Sebar 750 Personel di Beberapa Titik Jalan dan Gereja 

Personel itu akan bertugas memperkuat pengaturan lalu lintas dan terminal-terminal. Termasuk, bekerja sama dengan kepolisian dan TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah melakukan persiapan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), dengan mempersiapkan sebanyak 750 personel yang bakal disebar ke beberapa titik.

"Kemudian terkait dengan personel, kami juga sudah menyiapkan kurang lebih 750 orang," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, dikutip Sabtu (17/12/2022).

Personel tersebut nantinya akan bertugas memperkuat pengaturan lalu lintas dan terminal-terminal. Termasuk, bekerja sama dengan kepolisian dan TNI untuk menempatkan petugas di beberapa Gereja saat Malam Natal.

"Di Jakarta Pusat, nanti petugas ditempatkan di Gereja Katedral dan Gereja Immanuel," ucap Syafrin.

Lalu, untuk Jakarta Timur, petugas akan ditempatkan di HKBP Rawamangun, Gereja Santo Antonius Padua, Gereja Oikumene Halim, Gereja Katolik Kudus, dan Gereja Santo Yosep.

"Begitu ada yang melaksanakan Misa atau Kebaktian, kami siapkan petugas. Pokoknya kalau ada informasi di situ ada pelaksanaan Ibadah Natal, kami langsung meluncur," kata Syafrin

Sementara itu, untuk kawasan Jakarta Utara, petugas juga bakal ditempatkan di Gereja Santo Alfonsius, Gereja Soteria Tanjung Priok, dan Gereja Fransiskus Xaverius Koja.

Namun demikian untuk wilayah Gereja-gereja yang berada di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan masih dalam proses inventarisasi untuk titik pastinya.

"Di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan masih diinventarisasi ya. Akan kami plot petugasnya di titik mana saja," pungkas Syafrin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

166.000 Personel Polri Diturunkan

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya bakal menerjunkan 166.000 personel menjelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Ratusan ribu personel ini bertugas melakukan pengamanan.

Hal ini disampaikan Listyo usai Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Tingkat Menteri dalam rangka Persiapan Pengamanan Nataru bersama K/L terkait dan Pejabat Polri, di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

"Saya kira secara menyeluruh 166 ribu orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di kepolisian disebut dengan operasi lilin," kata Sigit kepada wartawan, Jumat (16/12/2022).

Jenderal bintang empat ini menyebut, kegiatan operasi lilin akan berlangsung sejak 22 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang.

"Tentunya kita semua akan berusaha semaksimal mungkin, agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun semuanya bisa berjalan dengan baik," sebutnya.

Selain itu, Sigit menjelaskan, nantinya bakal ada jalur-jalur baru yang bisa digunakan masyarakat untuk perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru. Dia berharap jalur baru ini membuat perjalanan mudik menjadi lebih baik.

Kepada seluruh sektor pariwisata, Sigit mengimbau untuk mempersiapkan puncak libur Natal dan Tahun Baru. Biasanya, masyarakat menikmati libur Natal dan Tahun Baru dengan mendatangi kawasan wisata.

"Tentunya seluruh sektor pariwisata tadi kita imbau untuk mempersiapkan seluruhnya. Sehingga, masyarakat bisa melaksanakan liburan di akhir tahun dengan aman dan nyaman," tutupnya.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.