Sukses

Resmikan Hetero Space Ketiga, Ganjar Ajak Anak Muda se-Indonesia Merapat

Heteri Space ini terletak di Jalan Gatot Subroto No 75, Purwokerto dan melengkapi dua Hetero Space sebelumnya di Semarang dan Surakarta.

Liputan6.com, Banyumas Startup Center Ketiga di Jateng, Ganjar Undang Anak Muda Se Indonesia Merapat

Gubernur Ganjar Pranowo meresmikan co-working space yang ketiga, yaitu Hetero Space pada Jumat (16/12). Mantan anggota DPR RI itu mengatakan bahwa Hetero Space adalah ruang berproses untuk mendorong anak-anak kreatif dan inovatif agar bisa usaha dan saling bekerja sama.

"Iya kami buka lebih banyak tempat, lebih banyak fasilitas untuk mendorong anak-anak kreatif bisa usaha dan bisa berkolaborasi," ujar Ganjar. 

Ganjar juga menuturkan, ruang kolaborasi ini tidak terbatas bagi masyarakat Jawa Tengah, melainkan seluruh Indonesia. Artinya siapapun boleh menggunakan tempat tersebut. 

"Sehingga ada kolaborasi antar kabupaten, antar provinsi, bahkan mungkin ada yang dari luar negeri kita persilakan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangunan dan Fasilitas

Bangunan Hetero Space Banyumas menggunakan Gedung Eks Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III di Jalan Gatot Subroto No 75, Purwokerto. Ini melengkapi dua Hetero Space sebelumnya di Semarang dan Surakarta.

"Jadi, setelah Semarang dan Solo, hari ini di Purwokerto (Banyumas). Dan yang Purwokerto ini agak spesial karena luas sekali dan sebenarnya banyak sekali yang bisa kerjakan di sini sampai mereka bisa berkolaborasi," ujar Ganjar usai acara.

Selain itu, ada yang menarik dari bangunan Hetero Space yang ketiga ini. Salah satunya, pernah menjadi tempat peristirahatan Presiden Soekarno. Tak hanya itu saja, fasilitas dan sarana prasarananya pun lengkap. 

Mulai event space indoor, event space outdoor, dua ruang coworking space, tiga ruang pertemuan (meeting room), ruang khusus (private room), refreshing room, front desk, team space, makerspace packaging, galeri UMKM, studio, dan sebagainya.

"Bahkan di sini bisa menginap, tadi dikelola ada kamar yang di atas bisa dibuat menginap kalau mereka butuh waktu beberapa kali membutuhkan untuk bisa latihan di sini. Tentu saja internalisasinya bagus dan sejarahnya Bung Karno pernah tidur di sini, kamar ini. Itu bisa jadi cerita yang berbeda," terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Optimalisasi Aset Pemprov

Hetero Space di Banyumas juga sebagai upaya pengoptimalan aset negara. Yakni dengan memanfaatkan Gedung Eks Bakorwil III Banyumas-Pekalongan.

Bangunan dengan arsitektur Belanda itu terdiri dari berbagai ruangan yang dapat dimanfaatkan berkegiatan bagi startup. Selain indoor, ada juga outdoor dan lapangan olahraga. 

"Sebenarnya kami mau optimalkan aset, daripada aset ini menganggur tidak terpakai kan bisa dimanfaatkan," tutur Ganjar.

Begitu juga dengan Hetero Space di Solo, yang menempati Gedung eks Dinas Pekerjaan Umum Jalan Sumoharjo No 92 Jebres, Surakarta.

"Harapannya, semua ide yang kreatif dan inovatif betul-betul bisa muncul dan menghasilkan karya apapun itu, sudah ada tempatnya silahkan digunakan," ujarnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini