Sukses

Polda Metro Jaya Kirim 25 Relawan Bantu Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya kembali mengirimkan bantuan untuk korban Gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Selain logistik, Polda Metro Jaya juga mengirim 25 relawan yang siap membantu proses evakuasi dan pemulihan trauma atau trauma healing korban terdampak gempa.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menerangkan, sebanyak 25 relawan SiapBergerak yang dikirim terdiri dari relawan medis dan nonmedis. Mereka akan memberikan bantuan di bidang kesehatan, operasional, dan dapur umum untuk korban gempa Cianjur.

"Baik dari relawan nonmedis maupun medis, semua akan berkumpul menjadi satu dalam posko tanggap bencana Polda Metro Jaya," kata Fadil dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Sementara itu, Pimpinan Relawan SiapBergerak Zaky Ramadhan merinci 25 relawan yang diberangkatkan terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu relawan tenaga kesehatan, relawan operasional dapur umum serta dokumentasi data dan audiovisual, relawan distribusi konsumsi dan bantuan kemanusiaan.

“Dari dua puluh lima relawan, 15 relawan fokus untuk mengabdi di ruang UGD, ruang perawatan dan mobile hospital dengan kendaraan motor trail Brimob Polda Metro Jaya, untuk menyisir masyarakat yang belum tersentuh layanan kesehatan, karena berada di kawasan-kawasan yang masih terisolasi,” ujar Zaky Ramadhan.

Zaky menerangkan, relawan nontenaga kesehatan berkonsentrasi di dapur umum. Bersama tim Brimob Polda Metro Jaya memproduksi makanan 1.500 box per hari untuk distribusikan ke berbagai rumah sakit.

"Itu untuk konsumsi petugas kesehatan, pasien, penunggu pasien serta posko-posko pengungsian di wilayah Cianjur,” ucap Zaky.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kirim Bantuan Sanitasi

Di samping itu, tim relawan SiapBergerak juga membantu mendokumentasikan data arus lalu lintas kehadiran serta status pasien yang berada di RS.

"Hal ini menjadi penting, karena situasi darurat di RS, dibutuhkan pendataan yang presisi, sehingga memudahkan untuk mengalokasikan tenaga kesehatan dan obat-obatan, agar tepat sasaran dengan kehadiran para korban di rumah yang tidak berhenti. Kita perlu memastikan agar pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan medis dan non medis pasien,” ujar dia.

Ketua Bhayangkari Daerah Metro Jaya menambahkan, pihaknya turut menyumbangkan lima toilet portable serta tangki air guna melayani petugas kesehatan, pasien, keluarga pasien serta para pengungsi yang kesulitan air.

"Kami mendapati adanya kebutuhan yang urgent untuk dikirimkan ke Cianjur yaitu kebutuhan relawan juga kebutuhan air bersih dan toilet bagi petugas medis, pasien korban dan juga pengungsi. Oleh karenanya kami mengirimkan toilet dan tangki air," ucap dia.

Dia menyampaikan, Bhayangkari Polda Metro Jaya Bersama dengan Relawan ‘Siap Bergerak turut memperhatikan kebutuhan dari para korban gempa. Dia menyampaikan, anak-anak, perempuan dan para ibu, menjadi salah satu korban bencana yang terdampak.

"Oleh karenanya, kami mengirimkan bantuan susu bayi, MP ASI, popok bayi, selimut, air mineral, selimut hingga kebutuhan pakaian dalam perempuan, perlengkapan ibadah,” tutup Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Metro Jaya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS