Sukses

Kode Jokowi Soal Rambut Putih Dikaitkan Ganjar, PDIP: Dia Kader yang Tunduk pada Partai

Said meyakini, Ganjar paham bahwa yang menentukan capres merupakan kewenangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat salah satunya berambut putih menimbulkan sejumlah tafsir.

Hal itu dikaitkan dengan kode-kode politik yang disebutkan sengaja dikeluarkan Jokowi Jokowi untuk mempromosikan Ganjar Pranowo sebagai.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menegaskan bahwa Ganjar merupakan kader yang tunduk kepada aturan partai. Sehingga, Ganjar paham bahwa yang menentukan capres merupakan kewenangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

"Ganjar itu adalah profil kader yang tunduk pada partai. Ganjar dibesarkan oleh partai, Ganjar jadi gubernur baik pertama maupun kedua," kata Said, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Bahkan, hal itu dipertegas langsung oleh Ganjar, yang mana dia menyebutkan bahwa dia hingga saat ini sebagai kader PDIP. Atas dasar itu, menurut Said, sudah jelas jika Ganjar akan tunduk terkait aturan dalam menentukan capres.

"Ganjar itu asli dilahirkan sebagai kader PDIP. Dan ganjar statemennya 'saya tetap PDI Perjuangan', karena Ganjar statement-nya tetap, itu artinya Ganjar pun tunduk pada hasil kongres, penentuan capres-cawapres di tangan ketua umum," tegasnya. 

Perihal postingan Ganjar dengan gaya rambut hitam, dia yakin itu hanya gimmick atau candaan yang dilempar oleh Ganjar.

Bukan karena Ganjar tak enak hati dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang memiliki rambut hitam. 

Diketahui, Puan Maharani digadang-gadang bakal maju sebagai capres pada Pemilu 2024 yang akan diusung oleh PDIP. Namun, Jokowi malah menunjukan dukungannya terhadap Ganjar ketimbang kepada Puan. 

"Itu gimmick-nya ganjar, biasa, nggak ada urusan (enggak enak hati). Ganjar puan itu satu kader, satu hati," ujarnya. 

"Memang rambut aslinya putih, masa suruh rubah ke hitam. Dia mau rubah bule, blonde dan itu kader PDIP," imbuh Said. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria Pemimpin Versi Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ciri-ciri pemimpin yang bauk dekat dengan rakyat bisa dilihat dari raut wajah hingga rambutnya yang memutih. Jokowi menyampaikan itu di hadapan relawannya pada acara Gerakan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," kata Jokowi.

Jokowi juga lalu sosok pemimpin lainnya berwajah bersih. Jokowi pun mengulangi pernyataannya bahwa pemimpin yang memikirkan rakyatnya berambut putih.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya. Kalau rambutnya putih semua, ya ini mikirin rakyat ini," katanya.

 

Reporter: Alma Fikhasari 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.