Sukses

Pamer Keberhasilan Selama 2 Periode Memimpin, Jokowi Minta Pembangunan Dilanjut

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbicara mengenai pembangunan infrastruktur selama dua periode kepemimpinannya di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat menghadiri acara sejumlah relawannya yang bertajuk 'Nusantara Bersatu' di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, hari ini Sabtu (26/11/2022).

Dia bercerita soal pembangunan jalan tol, pembangunan pelabuhan, hingga pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diklaim telah mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Setelah delapan tahun kita bekerja keras membangun negara kita Indonesia, membangun jaring jalan nasional baik di Jawa maupun di luar Jawa, membangun jalan tol baik di Jawa maupun di luar Jawa, baik jembatan-jembatan kecil di luar desa," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga membahas gelaran KTT G20 di Bali. Dia menyampaikan bahwa salah satu negara delegasi menyebut Indonesia sebagai negara dengan titik terang ekonomi dunia.

Negara delegasi G20 itu, kata dia, menyebut Indonesia sebagai negara yang bisa bertahan di tengah krisis yang bergejolak di berbagai negara lain di dunia.

"Dan kemarin saat G20, Indonesia dikatakan oleh managing directornya AMF, Indonesia adalah titik terang ekonomi dunia di tengah kesuraman ekonomi global. Indonesia adalah titik terang ekonomi dunia di tengah kesuraman ekonomi global," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan masyarakat harus bersyukur dan bangga di tengah gejolak ekonomi yang dialami semua negara karena pandemi yang belum selesai, karena krisis pangan, krisis energi, hingga adanya perang di Ukraina yang menyebabkan krisis keuangan, Indonesia bisa tetap stabil.

"Oleh sebab itu kita wajib bersyukur. Tetapi Alhamdulillah dengan kewaspadaan dan kehati-hatian yang baik kita bisa naik angka ekonominya di angka 5,75 persen," kata mantan Wali Kota Solo ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jokowi Minta Pembangunan Terus Dilanjutkan

Terkait hal ini, Jokowi menuturkan pembangunan yang sudah dibangun selama delapan tahun itu harus dilanjutkan. Lantas, dia pun melontarkan pertanyaan kepada seluruh relawan yang hadir.

"Kita tidak sombong tapi kita dipuji dimana-mana. Ini yang wajib kita syukuri. Oleh sebab itu, pembangunan yang sidah kita lakukan, reputasi global yang sudah kita raih harus kita lanjutkan setuju?" ujar Jokowi.

"Dilanjutkan sampai 2029 setuju? Dilanjutkan sampai 2045 setuju? Dilanjutkan sampai, seterusnya, seterusnya setuju?" lanjut dia.

"Setuju," sahut relawan.

Sebelumnya, Jokowi tiba di GBK pukul 18.16 WIB. Dia tampak mengenakan baju kemeja berlengan panjang warna putih dengan bawahan celana panjang warna hitam.

Setibanya di GBK dan bertemu relawan, Jokowi mengenakan jaket bomber berwarna merah putih yang ada juga bertuliskan G20.

Jaket bomber yang dipakainya itu pun juga dihadiahi pada relawan. Jokowi membuka jaket yang ia pakai dan melemparkannya kepada relawan yang ada di bawah panggung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS