Sukses

Mengenang Pertempuran Surabaya 10 November dan 12 Ragam Twibbon Hari Pahlawan

Memperingati Hari Pahlawan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya meneladani sikap dan perilaku para pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November merupakan salah satu peristiwa bersejarah bangsa indonesia. Lantaran pada tanggal tersebut terjadi pertempuran besar pasca kemerdekaan, dimana para pemuda Surabaya secara serentak melakukan pergerakan melawan penjajah.

Peristiwa pertempuran 10 November bermula dari aksi gencatan senjata yang disepakati tentara Indonesia dengan tentara Inggris pada 29 Oktober 1945.

Meskipun begitu, bentrokan senjata antara rakyat Indonesia dengan tentara Inggris masih saja terjadi di Surabaya bahkan tak sedikit memakan banyak korban jiwa. 

Puncaknya, pada 30 Oktober 1945, bentrokan yang terjadi antara rakyat Surabaya dengan Inggris menewaskan pimpinan tentara Inggris, yaitu Jenderal Mallaby. Terbunuhnya Jenderal Mallaby  menimbulkan kemarahan pihak Inggris, bahkan semakin agresif dalam mengendalikan perlawanan rakyat Indonesia.

Menindaklanjuti terbunuhnya Jenderal Mallaby di medan pertempuran. Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh mengeluarkan ultimatum 10 November 1945. 

Isi dari ultimatum tersebut meminta rakyat Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) dan Netherlands Indies Civil Administration (NICA).

Mansergh juga mengancam akan menggempur Kota Surabaya dari darat, laut dan udara untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Namun, ultimatum tersebut tak digubris oleh rakyat Surabaya, mereka lebih memilih bertempur untuk mempertahankan kedaulatan NKRI. 

Maka terjadilah pertempuran Surabaya yang sangat dahsyat pada tanggal 10 November 1945. Saat itu, tercatat puluhan ribu nyawa melayang yang kebanyakan dari warga sipil, bahkan ratusan ribu lainnya terpaksa meninggalkan Kota Surabaya.

Tak sedikit pula tentara Indonesia dan prajurit Inggris yang tewas dalam pertempuran tersebut. Peristiwa bersejarah tersebut kemudian dijadikan simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Kemudian Presiden Soekarno menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional yang tercantum dalam Kepres No.316 tahun 1959.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenang Jasa Para Pahlawan dengan Bikin Twibbon

Merujuk pada pertempuran Surabaya 10 November 1945 kala itu, alangkah baiknya kita senantiasa mengenang serta menghormati jasa setiap tetes keringat dan darah para pahlawan yang telah mempertahankan NKRI dari tangan kolonialisme.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan dan bisa kita terapkan dan wujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya meneladani sikap dan perilaku para pahlawan.

Seperti bertanggungjawab, displin, pantang menyerah, tidak pamrih, saling toleransi antar agama, dan terus menjaga nilai persatuan dan kesatuan.

Hal lainnya bisa dengan menebarkan semangat lewat berbagai pesan positif yang disampaikan di media sosial atau bisa pula dengan memasang foto pada link twibbon Hari Pahlawan 10 November.

Bingkai atau Twibbon tersebut bisa dipakai untuk foto profil akun Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com.

Untuk membuat Twibbon Hari Pahlawan terbilang mudah dengan menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau cukup dari ponsel. Berikut caranya:

1. Kamu cukup memilih salah satu dari link atau dapat mencari lebih banyak di Twibbonize.com,

2. Lalu, klik "Choose a Photo" dan pilih foto yang kamu ingin pakaikan bingkai dari galeri perangkatmu,

3. Sesuaikan posisi foto di dalam bingkai yang dipilih, kemudian pilih "Next",

4. Klik "Download" untuk menyimpannya di perangkatmu,

5. Kamu lalu bisa membagikan Twibbon yang sudah kamu buat di media sosial yang diinginkan.

 

3 dari 3 halaman

Link Twibbon Hari Santri Nasional 2022

Berikut beberapa link twibbon yang bisa kamu gunakan untuk memeriahkan Hari Pahlawan Nasional:

1. https://twb.nz/smkpandanaranharipahlawan

2. https://twb.nz/haripahlawanalkarimah

3. https://twb.nz/mihharipahlawan

4. https://twb.nz/kmmharipahlawan2022

5. https://twb.nz/link-pahlawannasional

6. https://twb.nz/pahlawantkpertiwi

7. https://twb.nz/storynews

8. https://twb.nz/amshp

9. https://twb.nz/hrpahlawanan

10. https://twb.nz/punyanurulximipa1

11. https://twb.nz/hrphl2022

12. https://twb.nz/haripahlawansdntulung02

 

Widiyaningsih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.