Sukses

Dalam Sebulan, Dua Pria Asal Lampung Curi 14 Motor di Bogor

Liputan6.com, Bogor - Polisi menangkap dua pria di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, usai mencuri sepeda motor milik warga di Jalan Raya Cikaret, Cibinong. Pelaku berinisial MHS dan RD asal Lampung ini ditangkap di kontrakannya di daerah Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Bogor pada 1 November 2022.

Kapolres Bogor AKPB Iman Imanuddin mengatakan kedua maling motor ini mengaku telah melakukan aksi pencurian sepeda motor sebanyak 14 kali, sebelum akhirnya tertangkap polisi.

"Selama sebulan, dari awal Oktober sudah sebanyak 14 kali mencuri motor," kata Iman, Kamis (3/11/2022).

Aksi pencurian dilakukan kedua pelaku di wilayah Kabupaten Bogor. MHS dan RD mengincar sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan maupun halaman rumah.

"Tersangka ini lebih banyak beraksi di seputar kawasan Cibinong," ucap Iman.

Motor-motor hasil curian itu kemudian dijual kepada seorang pria yang yang menjadi penadah berinisial, yang kini masuk daftar pencarian orang (DPO). Satu motornya dijual seharga Rp2 hingga Rp2,5 juta.

"Uang hasil penjualan motor curian itu dibagi dua," ucap Iman.

Terkait kasus ini, Iman pun mengimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan pengamanan saat memarkirkan sepeda motor, terutama saat berada di rumah.

"Agar mengunci sepeda motor dengan kunci ganda, bila perlu pasang alarm. Hal ini untuk mencegah terjadinya aksi curanmor," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tips Agar Motor Aman

Ada banyak cara untuk mengamankan motor. Mulai dari hal yang kompleks sampai simple. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir pencurian motor yang tentu sangat merugikan. Jika pencurian benar-benar terjadi, maka Anda tidak hanya rugi uang, akan tetapi juga rugi waktu untuk mencarinya dan lapor sana-sini.

Motor adalah barang berharga yang harus dilindungi. Maka dari itu, berikut ini dirangkum informasi tentang cara sederhana agar motor aman dari maling yang penting untuk diketahui. Simak artikel ini sampai tuntas.

1. Kunci Stang

Melansir dari laman Suzuki, cara mengamankan motor dari maling yang paling sederhana adalah mengunci stang. Kunci stang adalah cara terbaik dan paling mudah untuk mengamankan motor. Selain itu, kunci stang juga akan menyulitkan orang lain untuk memindah-mindahkan motor ke tempat lain.

Untuk mendapatkan keamanan yang maksimal. Anda harus mengunci stang motor ke arah kanan. Ini terbukti mampu mengamankan motor dari pencurian. Mengunci stang ke kanan tidak akan memberikan banyak ruang kepada maling untuk membobolnya.

2. Pasang Pengaman Tambahan

Cara kedua mengamankan motor dengan sederhana adalah dengan memasang pengaman tambahan. Pengaman tambahan yang dimaksud di sini adalah gembok. Gembok ini bisa Anda pasang di cakram bagian depan motor. Ini akan menyulitkan maling untuk mencuri motor Anda.

Selain itu pengaman ini juga terbukti efektif untuk mengamankan motor. Ketika sepeda motor Anda akan diambil oleh maling, dia akan kesulitan mengendarainya. Kecuali si maling kuat mengangkat motor Anda tanpa ketahuan siapapun.

3. Pasang AlarmSelanjutnya, cara sederhana agar motor aman dari maling adalah memberikan alarm. Alarm sejauh ini masih menjadi salah satu indikator maling yang ampuh. Jika motor Anda disentuh secara tidak sengaja atau secara sengaja, motor akan memberikan sinyal dan membunyikan alarm dengan keras.

Hal itu akan membuat maling panik dan membuka peluang untuk ketahuan oleh orang lain. Dengan demikian, maka maling tidak akan berhasil mengambil motor Anda. Namun, tidak semua motor memiliki alarm. Anda bisa memasangnya secara manual ke bengkel.

4. Pakai Keyless Ignition System

Sistem keyless sekarang sudah menjadi fitur wajib yang ada pada motor baru. Sistem ini sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling. Motor tidak akan bisa menyala jika remote berada lebih dari 1 meter dari kuncinya. Maka dari itu, ini akan menyulitkan maling untuk mengambil motor.

Meskipun tidak semua motor mempunyai fitur ini, akan tetapi jika Anda membeli motor baru, pastikan motor yang Anda beli memiliki fitur ini. Bukan tanpa alasan, itu penting karena fitur ini sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS