Sukses

Kala Ganjar Pranowo - Ridwan Kamil Ditantang Duet di Pilpres 2024, Apa Kata Mereka?

Ridwan Kamil juga menanggapi survei yang menunjukkan elektabilitasnya meroket tajam.

 

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya menantang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk berpasangan memimpin Indonesia mendatang.

"Kang Emil ini keluarganya pesantren, dekat dengan pondok pesantren. Mas Ganjar aktivis nasional, beda tetapi saling melengkapi," kata Bima Arya di sela pelaksanaan Forum Y20 di Solo, Jumat 28 Oktober 2022.

Dikatakan pula Ganjar merupakan etnis Jawa, sedangkan Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil merupakan etnis Sunda.

"Beda tetapi saling melengkapi. Saya tidak mau berkomentar panjang, tetapi mari menitipkan dua hal yang sangat penting nanti. Pertama adalah enggak mungkin 2045 dicapai tanpa kekukuhan kepemimpinan," katanya.

Kedua, lanjut dia, dengan pertanyaan kepada Ganjar dan Emil terkait dengan kesiapan mereka untuk berpasangan pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024.

"Siapkah Mas Ganjar berpasangan dengan Kang Emil? Untuk Kang Emil, siapkah berpasangan dengan Mas Ganjar? Untuk Mas Gibran, siap enggak mendukung mereka berdua," katanya yang disambut tepukan para peserta Y20.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ganjar memberi jawaban singkat seolah enggan menanggapinya.

"Enggak ada tanggapan," katanya. Di sisi lain, Emil mengatakan bahwa urusan tersebut sudah ada takdirnya.

"Siapa pun yang diberi takdir, kita dukung. Yang penting demi Indonesia bersatu, Indonesia yang maju," katanya yang dikutip dari Antara.

Pada kesempatan itu, Emil juga sempat menanggapi terkait dengan hasil survei cawapres yang menunjukkan elektabilitasnya meroket tajam.

"Kalau disurvei, ya, terima-terima saja. Hasilnya bagus, alhamdulillah. Kalau tidak, jadi evaluasi. Itu saja karena ini akan terus berulang. Tentunya kami sikapi dengan sebaik-baiknya. Terpenting fokus bekerja. Kalau kerja bagus, rakyat pasti support," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Lari Bareng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terlihat di Bandung, Jawa Barat. Dia bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan terlihat mengikuti ajang lari kategori 10 kilometer.

Adapun para tokoh tersebut hadir dalam acara Pocari Sweat Run 2022 di kawasan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/7/2022).

Bima Arya mengatakan bahwa lari bukan sekedar olahraga, tapi juga sebagai ajang silaturahmi yang dapat mempersatukan.

"Pagi ini lari di Pocari Sweat Run Bandung bersama Mas Ganjar Pranowo dan Kang Ridwan Kamil. Start bersama, sempat terpisah ketika lari, kembali bersama di titik finish. Lari aja bisa sama-sama. Apalagi membangun bangsa," kata dia.

Bima Arya mengaku senang bisa kembali menjadi bagian dalam Pocari Sweat Run 2022. Bahkan, Kota Bogor ditunjuk juga sebagai salah satu titik pre-event dalam ajang lari tahunan ini.

"Yang membedakan tahun ini pesertanya lebih banyak, sambutan warga meriah. Banyak inovasi di setiap eventnya," kata Bima.

Senada dengan Bima, Ganjar Pranowo menyatakan bangga bisa mengikuti kegiatan ini.

Bahkan, dirinya mengaku telah melakukan persiapan yang matang berupa latihan bersama Bima Arya mengelilingi Istana Presiden dan Kebun Raya Bogor beberapa waktu lalu.

"Untung saja ada Kang Bima Arya yang kemarin sempat latihan bersama, lari di Bogor kira-kira 7 kilometer. Ini adalah pertama kalinya lari terus 10 kilometer, biasanya banyak jalan," ujar Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.