Sukses

Kapolri Benarkan Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa Ditangkap karena Edarkan Narkoba

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membenarkan Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa ditangkap Propam. Dia juga mengamini penangkapan Teddy Minahasa terkait dengan kasus narkoba.

"Ada dugaan keterlibatan Irjen TM, kemarin saya minta Kadiv Propam menjemput dan memeriksa," ujar Listyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Menurut dia, saat ini, Irjen TM ditetapkan sebagai terduga pelanggar dan sudah ditempatkan di tempat khusus.

Sebelumnya, Anggota Komisi Hukum DPR Ahmad Sahroni menyebut jenderal Polri yang ditangkap Propam adalah Irjen Teddy Minahasa.

"Diduga terkait narkoba," kata Politikus NasDem tersebut saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (10/4/2022).

Kendati demikian, Sahroni tidak merinci terkait pengungkapan yang dilakukan internal Polri tersebut.

Adapun Teddy baru hitungan hari menjabat Kapolda Jawa Timur sejak berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP./2022, jabatan Kapolda Jawa Timur ditempati oleh Irjen Teddy Minahasa yang sebelumnya Kapolda Sumatera Barat. Irjen Nico Afinta yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur dipindahtugaskan ke posisi Sahlisosbud Kapolri.

Adapun posisi Kapolda Sumatera Barat kemudian dijabat oleh Irjen Rusdi Hartono yang sebelumnya Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

"Mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," kata Dedi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Polisi Tajir?

Dikutip dari Merdeka. Kapolda Jatim baru, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra diketahui menjadi polisi paling tajir dengan harta kekayaan mencapai Rp29,97 miliar.

Teddy menggeser posisi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal yang sebelumnya menempati urutan teratas daftar polisi terkaya dengan kepemilikan harta senilai Rp27 miliar, dikutip dari akun Instagram @beritaseputarsidoarjo.

Dilansir dari situs elhkpn.kpk.go.id, Teddy tercatat baru sekali melaporkan kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan yang pada 26 Maret 2022 itu, ia lakukan saat menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat.

Teddy tercatat memiliki 53 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa wilayah, yakni Pandeglang, Pasuruan, Pesawaran, dan Malang.

Dalam laporan tersebut, Teddy mencantumkan kepemilikan tiga unit mobil dan motor dengan estimasi harga keseluruhan mencapai Rp2.075.000.000.

 

3 dari 3 halaman

Pernah Jadi Ajudan JK

Teddy Minahasa merupakan perwira tinggi lulusan Akpol 1993 yang berpengalaman di bidang lalu lintas (Lantas) lahir 23 November 1971 di Minahasa, Sulawesi Utara.

Perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai Kapolda Jatim sejak 10 Oktober 2022 itu tercatat pernah menduduki sejumlah posisi penting.

Salah satunya, menjadi staf ahli dan ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu, Teddy juga pernah menjabat sebagai Kapolda Banten, Wakapolda Lampung serta Karopaminal Divpropam Polri. Irjen Pol Teddy Minahasa Putra juga menjabat sebagai Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) baru periode 2021-2026.

Nama: Teddy Minahasa Putra

Tempat tanggal lahir: Minahasa, Sulawesi Utara, 23 November 1971

Dinas/cabang: Kepolisian Daerah Jawa Timur

Masa dinas: 1993—sekarang

Pangkat: Inspektur Jenderal Polisi

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS