Sukses

Survei Charta Politika: Elektabilitas Gibran Paling Tinggi di Pilkada Jateng

Survei menunjukan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan elektabilitas tertinggi sebagai calon Gubernur Jawa Tengah dengan 37,7 persen.

Liputan6.com, Jakarta Charta Politika Indonesia merilis hasil survei preferensi sosial dan politik masyarakat Jawa Tengah tahun 2022, salah satunya tentang calon Gubernur Jawa Tengah periode 2024-2029. 

Hasilnya, survei itu menunjukan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan elektabilitas tertinggi sebagai calon Gubernur Jawa Tengah dengan 37,7 persen. 

Gibran menang telak dalam survei itu dengan mengalahkan sejumlah tokoh lainnya.

"Gibran Rakabuming Raka menjadi pilihan responden tertinggi sebagai kepala daerah Jawa Tengah dengan hasil survei 37,7 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam keterangannya, Kamis (13/10/2022). 

Gibran unggul dalam survei itu atas Taj Yasin Maimoen yang mendapatkan 12,5 persen.

Lalu, Hendrar Prihardi sebanyak 7,7 persen, FX Hadi Rudyatmo sebanyak 4,7 persen, Achmad Husein sebanyak 3,7 persen, Sudirman Said sebanyak 3,1 persen, Rustriningsih 2,2 persen dan Komjen Condro Kirono sebanyak 0,5 persen. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dominasi Pertanyaan Tertutup

Sementara responden memilih tokoh lainnya sebanyak 2,3 persen dan tidak tahu/tidak menjawab sebanyak 25,8 persen. 

"Pertanyaan tertutup terkait jika pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2024 dilaksanakan hari ini, Gibran cukup mendominasi pilihan publik sebagai calon Gubernur pada simulasi yang dilakukan," kata Yunarto. 

Charta Politika Survei Indonesia telah melakukan survei pada 20 sampai 27 September 2022. Survei ini memakai metode wawancara tatap muka yang diikuti oleh 1200 responden dengan menggunakan multistage random sampling dengan wilayah survei seluruh PSU: Kelurahan/Desa. Survei ini memiliki margin of error 2.83 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.